Kasubdit BAPEDA Kabupaten Subang Berikan Pernyataan Terkait SPPT

56

KAB. SUBANG, FOKUS BERITA NASIONAL | Terbitnya SPPT atas nama Heri No.129, Dodi No.131, Mamat No.130, H.Amid No.132, hingga detik ini Bappeda belum bisa memberikan kepastian terkait ke’empat SPPT tersebut, Selasa (17/09/219).

Saat ditemui dikediaman Mursal Ardiansyah, salah satu petugas Bapenda Subang (Apip) selaku Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pajak Daerah Lainnya, memaparkan SPPT adalah bukan hak kepemilikan tanah yang digarap. Melainkan bukti pajak.

“Jadi kita pingin menjelaskan kepada masyarakat wajib pajak, jadi bahwa SPPT itu bukan kepemilikan atas hak tanah dan bangunan, nah itu tidak bisa karna PBB itu merupakan pajak kebendaan dari pada yang tadi kan yang di garap,” papar Apip, Jum’at (13/09/219)

“Karna SPPT itu bukan kepemilikan, dan tidak hanya yang memiliki (Yang bisa mengajukan SPPT) yang menggarap pun boleh menerbitkan (Mengajukan SPPT), karna itu pemanpaatan untuk penerimaan pajak, lanjutnya.

Selain menjelaskan SPPT dasar pembayaran pajak Apip kembali menjelaskan pihak Bapenda bisa menghapus jika SPPT tidak berada di lokasi tanah yang digarap.

“Setiap kali melakukan verifikasi dilapangan, misalnya dari lapangan oh ini bukan ini (SPPT tidak sesuai dengan lokasi yang digarap), maka dari pihak kita boleh menghapuskan SPPT tersebut, “tuturnya.

Apip pun memaparkan persyaratan pembuatan SPPT dan ini bukti pisik yang harus dibawa oleh pihak pemohon, Identitas diri, Akta Kelahiran, Bukti Kepemilikan.

Bukti kepemilikan sendiri menurut Apip, “Bukti kepemilikan itukan selemah lemahnya surat keterangan tanah dari Desa atau Kelurahan setempat, itu bukti selemah lemahnya, ” ucapnya.

Saat dipertanyakan setatus tanah wakaf yang di wakafkan Mursal, Apip melontarkan pihaknya tidak mengetahuinya, dan melemparkan pertanyaan tersebut kepihak Kelurahan setempat.

“Kita gak tahu bahwa itu tanah negara, tanah apa dari pihak kita gak tahu tanah negara yang penting kalo besar itu di manpaatkan, pihak ini untuk membayar pajak demi penertiban negara ya, pasti kita tertibkan,” tutup Apip.

Reporter : Bachrie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini