Kasus Pembongkaran Kotak Suara TPS 01 di Desa Nyanggai Naik ke Tahap Penyidikan

56

MELAWI, FOKUS BERITA NASIONAL.COM | Kasus pembokaran dan pencoblosan surat suara di TPS 01, Desa Nyanggai Kecamatan Pinoh Selatan Kabupaten Melawi, yang di lakukan oknum petugas KPPS setempat pada tanggal (16/4/2019) lalu masuk ke tahap penyidikan, ucap Johani. Spd saat Diwawancara diruangan nya pada hari selasa tanggal (14/5/2019).

Sejumlah dokumen yang sebelumnya disimpan di dalam gudang kantor Bawaslu, kini sudah kita serahkan ke sentra Gakumdu Polres Melawi terangnya.

Setelah melalui proses klarifikasi dan pembahasan sentra Gakumdu Kabupaten Melawi , kasus pembongkaran kotak suara di Desa Nyanggai Kecamatan Pinoh Selatan, naik ke tahap penyidikan, selasa (14/52019).

Ketua Bawaslu Johani, Spd kepada awak media, selasa (14/5/2019) mengatakan, dalam keputusan Tim Gakumdu, semua berkas hasil pemeriksaan disimpulkan untuk diteruskan ke penyidik, karena sudah memenuhi unsur Tindak Pidana Pemilu sebagaimana dimaksud pada pasal 505 dan 551 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

Soal informasi di balik pembongkaran kotak dan pencoblosan surat suara ada campur tangan peran Caleg yang berkepentingan, Johani Spd selaku ketua Bawaslu tidak bisa menjelaskan secara rinci, karena itu sudah masuk ke ranahnya penyidik, wewenang Bawaslu juga terbatas karena hanya sebatas lidik.

Hanya saja, kata Johani Spd, memang benar ada pembongkaran dan pencoblosan surat suara pada tanggal (16/04/2019) lalu , khususnya di TPS 01 yang mengakibatkat terjadinya PSU.

Ketua KPUD Dedi Suparjo, Rabu (15/05/2019) diruangan kerjanya membenarkan atas keterangan yang di sampaikan oleh pihak Bawaslu diatas.
Dedi Suparjo, Spd juga mengatakan kami dari pihak KPUD sudah menyampaikan berulang ulang kepada seluruh anggota baik di tingkat KPUD, PPK dan KPPS baik melalui BIMTEK serta iklan di berbagai media yang ada agar kita selalu berhati hati dan jangan coba coba bekerja tidak sesuai dengan SOP yang sudah di tentukan ujarnya.

Ditempat terpisah ketika awak media menghadiri PRES RELEASE di Polres Melawi, Waka Polres Kompol Jajang .S.Kom membenarkan kalau kasus Pelanggaran Pemilu di Desa Nyanggai Kecamatan Pinoh Selatan sudah masuk ke tahap penyidikan, yang mana sampai berita ini di turunkan masih berlangsung atas pemeriksaan oleh penyidik tegasnya.

(didik Purnomo, Sh kabiro Melawi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini