Keberadaan BUMD Batubara Belum Menguntungkan

KAB. BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Bupati Batubara mengatakan penyertaan modal pada perushaan BUMD PT Pembangunan Batra Berjaya (PBB) masih dirasakan kurang memuaskan, sehingga upaya perbaikan terus dilakukan baik sisi SDM maupun penambahan usaha-usaha produktif.

“Sampai saat ini usaha bisnis dijalankan BUMD belum ada menguntungkan. Akan tetapi kedepan diupayakan untuk dapat berkontribusi menghasilkan PAD. Salah satu langkah nyata untuk mencapai target tersebut adalah pergantian direksi dan merencanakan bisnis baru yang lebih potensial. Selain menjalankan bisnis lama,” tukas Ir H Zahir MAP pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Batubara menyampaikan jawaban bupati atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap nota pengantar rancangan KUA dan PPAS APBD Tahun 2020, Selasa (3/9/2019).

Adapun bisnis baru akan dilakukan antara lain pabrik kapal (galangan kapal berbahan fiberglass), pelabuhan perikanan, jasa kepelabuhan, TUG boat serta berbagai bisnis lain. Dan diharapkan dibawah direksi BUMD yang baru target kontribusi PAD dapat tercapai dan bermanfaat bagi masyarakat.

Penyertaan modal Pemkab Batubara kepada PT PBB, dan PDAM Tirta Tanjung, namun berapa besar jumlah penyertaan modal tersebut tidak dijelaskan.

Sedangkan penyertaan modal kepada Bank Sumut lanjut Zahir walau masih dalam jumlah kecil, namun telah banyak dirasakan manfaat baik berupa pendapatan maupun CSR.

Zahir menyampaikan mohon maaf jawaban disampaikan banyak kekurangan sehingga belum memberikan kepuasan, bahkan mungkin ada belum terjawab dan bukanlah kesengajaan, tetapi karena keterbatasan dan kekurangan.

Ditempat terpisah, salah seorang Komisaris yang juga Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Batubara Rinaldi saat dimintai keterangannya mengaku bahwa bisnis yang dijalankan BUMD masa lalu belum banyak menguntungkan, dan ia berharap kedepan, dengan managemen baru, perusahaan plat merah bisa lebih fokus lagi menggali Sumber-sumber PAD Batubara.

“Selama ini memang ia, tapi kedepan kita akan upayakan dengan unit-unit usaha baru untuk menggali potensi usaha perusahaan daerah,” Kata Rinaldi saat ditemui di Mushollah DPRD Batubara usai sidang paripurna yang juga salah satu Komisaris pada perusahaan PT Pembangunan Batra Berjaya.

Rapat dipimpin Ketua DPRD H Selamat Arifin dan Suwarsono dihadiri anggota dewan unsur Forkopimda, Sekda, OPD dan undangan lainnya.

Reporter: Supriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *