12/03/2022
Post Visitors:59

FBN – Pelalawan ||Kejaksaan Negeri Pelalawan mengikuti Rapat Kerja Kejaksaan RI melalu Virtual dari Aula Kantor Kejari Pelalawan yang dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pelalawan dan para Kasi serta Kasubbagbin. Senin (14/12/2020) sekira jam 09.00 WIB.

Rapat Kerja Kejaksaan RI dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, pada kesempatan tersebut Presiden RI menyampaikan Kejaksaan adalah institusi terdepan dalam penegakan Hukum dalam pencegahan dan pemberantasan Korupsi dan mengawal kesuksesan Pembangunan Nasional.

Kejaksaan adalah wajah kepastian Hukum Indonesia dimata rakyat dan dimata internasional. Kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum harus terus ditingkatkan dengan menjaga integritas, profesionalitas dan bersih.

Kejaksaan harus dapat menjadi role model penegak hukum yang profesional dan berintegritas. Rekruitmen dan promosi harus dilakukan secara meritrokrasi dan transparan terbuka. Integritas jaksa, wawasan kebangsaan serta kesiapan menghadapi permasalahan hukum dimasa mendatang harus diutamakan dan relevan dengan revolusi industri 4.0.

Presiden menghargai pengembangan sistem penanganan perkara tindak pidana terpadu berbasis teknologi informasi yang dikembangkan oleh Kejaksaan Agung dan telah disinergikan dengan Kemenkopolhukam, Kepolisian, Lapas serta Pengadilan.

Pengawasan internal harus diefektifkan agar SDM Kejaksaan bertindak profesional. Penanganan korupsi harus bisa meningkatkan pengembalian aset kepada Negara dan menyelamatkan aset-aset Negara.

Namun penegakan hukum juga jangan menimbulkan ketakutan yang menghambat percepatan, yang menghambat inovasi. Komitmen penuntasan masalah HAM masa lalu harus terus dilanjutkan.

Kejaksaan harus menjadi bagian untuk mencegah dan menangkal kejahatan terhadap keamanan Negara, seperti terorisme, pencucian uang, dan perdagangan orang, serta kejahatan lain yang berdampak pada perekonomian Negara.

Pada Rapat Kerja Kejaksaan tersebut terdapat juga sambutan dari Menko Polhukam, Menko Perekonomian, Sambutan dari Akademisi DR. Yenti Ganarsih, SH, MH., Menko Kemaritiman dan Investasi serta Sambutan Jaksa Agung RI. (Sur)

%d blogger menyukai ini: