JAKARTA, FOKUS BERITA NASIONAL | Seleksi Nasional (Seleknas) Calon Kompetitor ASEAN Skills Competition (ASC) atau Kompetisi Keterampilan Tingkat ASEAN ke – XIII Tahun 2019 dilakukan oleh kementerian ketenagakerjaan yang diikuti sebanyak 300 peserta dari berbagai daerah.

Seleknas ini diikuti oleh 300 orang yang terdiri dari para juara Seleksi Daerah (Selekda) dari berbagai provinsi di Indonesia yang berhasil melampaui passing grade, Juara Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan perwakilan dari industri.

Dikatakan Suhartono selaku staf ahli bidang kerjasama hubungan internasional usai membuka seleksi tersebut di Bekasi Jawa Barat bahwa seleksi ini bertujuan untuk memilih tiga calon kompetitor terbaik pada kejuruan individu dan dua tim terbaik pada kejuruan beregu/tim yang selanjutnya akan diikutsertakan pada pemusatan latihan (Training Centre/TC) di lembaga pendidikan dan pelatihan yang telah ditetapkan.

“Tentunya kita selalu ikuti ajang tersebut yang dilaksanakan secara profesional.” Ujarnya (20/8)

Selain itu Suhartono pun meminta agar seleksi ini bisa didukung semua pihak termasuk pemerintah daerah dalam peran serta baik dalam pendanaan maupun mencari calon kompetitor yang berkualitas.

“Pihak-pihak seperti pemerintah daerah sangat diharapkan partisipasinya pada tahap seleksi di tingkat daerah; industri dan lembaga pelatihan maupun pendidikan sangat diharapkan dukungannya pada tahap seleksi maupun pemusatan pelatihan,” kata Suhartono.

Ditambahkan Suhartono ASC adalah platform yang sangat baik untuk menginspirasi kaum muda Indonesia untuk terus menerus meningkatkan wawasan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap kerja (attitude) yang diperlukan dalam dunia kerja, seperti berkemauan keras, mampu beradaptasi, serta optimisme tinggi. ASC juga merupakan platform yang baik untuk melatih kemampuan berinovasi dan bekerja dengan akurasi serta kecepatan yang tinggi.

“Kami percaya ASC dapat menjadi motivasi bagi kaum muda Indonesia agar selalu berupaya mengembangkan kompetensinya hingga mencapai standar internasional. Dengan penguasaan kompetensi-kompetensi inilah kaum muda kita akan mampu bersaing bahkan dengan tenaga kerja dari negara-negara lainnya,” katanya

Adapun kejuaraan yang diseleknaskan meliputi 20 kejuruan yakni mechatronics, electronics, mobile robotics, refrigeration and air conditioning, industrial automation, restaurant service, cooking, hairdressing, beauty therapy, mechanical engineering CAD, IT software solutions for business, web technologies, IT network systems administration, graphic design technology, welding, electrical installations, Internet of Things (IOT), fashion technology, automobile technology, dan CNC maintenance. Nantinya, ASC ke-XIII akan diselenggarakan pada tanggal 21 s.d. 31 Juli 2020 di Singapura dengan partisipasi 10 (sepuluh) Negara Anggota ASEAN. (Red)

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *