Kenapa Gaji Honor Petugas Kebersihan Batubara Harus Melalui Bank Sumut !!

58

BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Sistem pembayaran gaji honor petugas kebersihan Kab. Batubara yang berjumlah 145 orang kini harus melalui Bank Sumut atas inisiasi Pejabat Dinas Lingkungan dan Kehutanan Kabupaten Batubara.

Ini dikatakan Sekretaris Dinas Lingkungan dan Kehutanan Kab. Batubara yang juga diketahui sekaligus sebagai Plt Kepala Dinas Lingkungan dan Kehutanan Kab. Batubara Sunggu Sirait di ruangan kerjanya.

“Sekarang ini gaji honorarium petugas kebersihan untuk keseluruhan yang berjumlah 145 orang tidak melalui kantor lagi, mereka mengambilnya di Bank Sumut”. Pungkas Sunggu Sirait beberapa waktu lalu kepada wartawan.

Namun lain halnya dengan Misno warga penduduk Lima Puluh yang sudah lama mengabdi di Dinas lingkungan dan Kebersihan sebagai petugas Kebersihan semasa masih Batubara bahagian dari Kab. Asahan hingga kini sudah menjadi Kabupaten Batubara yang sudah difenitif.

Menurutnya (red- Misno) ketika di temui wartawan (17/7/2019), saat hendak meminta gaji honor nya kepada Dinas terkait tidak mendapatkan hasil, sebab pejabat pembayar gaji honor yakni Bendahara Dinas Lingkungan dan Kehutanan Iskandar Zulkarnain SP jarang berada di kantor, Misno yang sudah lama mengabdi sebagai petugas kebersihan di Kab. Batubara masih menunggu realisasi kesejahteraan sebagai petugas kebersihan yang dinilainya masih jauh dari kata sejahtera.

“Honor yang saya terima sebesar Rp 1 Juta untuk gaji petugas kebersihan wilayah Kec. Lima Puluh sebagai tukang sapu, Sementara pemotongan sebesar Rp 600 ribu setiap bulannya di potong oleh Bendahara untuk pembayaran cicilan pinjaman di Koperasi, Hasilnya (red- Honor) dari pekerjaan petugas kebersihan itu untuk biaya hidup saya dengan ibu saya”. Tandas nya

Sementara itu, Untuk diketahui bahwa Misno hanya tinggal berdua bersama Ibu nya, Sekilas terlihat dari kondisi dan latar belakang fisik sosok Misno memiliki kekurangan dari kata normal sebagaimana manusia umum lain nya, Sehingga terlihat untuk beradaptasi kepada masyarakat agak sedikit kaku, Namun Misno memilki pribadi yang mudah diajak untuk berdialog dan ramah.

Reporter: Supriadi