Kepsek SMK Negeri 1 Jayakerta Tingkatkan Kwalitas Mutu Pendidikan

67

KAB. KARAWANG, FBN | Keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah, merupakan tanggung jawab dari Kepala Sekolah, guru dan dukungan dari semua lapisan masyarakat. Kinerja Kepala sekolah dan guru sebagai pengelola pendidikan menjadi penentu, pasalnya pendidikan adalah salah satu wadah utama estafet penerus dimasa depan.

Penelusuran FBN saat konfirmasi para orang tua siswa didik dan para tokoh agama, tokoh masyarakat di lingkungan SMKN 1 Jayakerta Kabupaten Karawang. Menurutnya dengan hadirnya SMKN 1 Jayakerta di tengah pedesaan yang jauh dari pusat keramaian kota, dinalai cukup baik atas kepemingpinan” H. Asep Akhmad Kahfi. SP.MM, Kepala Sekolah SMKN 1 Jayakerta, dalam berupaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Baik dari kreativitas siswa maupun motivasi para guru terhadap anak didiknya,.ungkap orang tua siswa pada media FBN, Kamis (17/10/19)

Sama halnya dikatakan” H. Ibing selaku tokoh masyarakat Jayakerta yang mengatakan kepada media FBN, setelah berdirinya SMKN 1 Jayakerta yang kami tau para siswanya tidak pernah melakukan kerusuhan, tawuran penyerangan ke siswa sekolah lain, terlihat para siswanya sopan santun ramah tamah kesesama teman sekolahnya, sambungnya.

Pasalnya, Kepala Sekolah SMKN 1 Jayakerta, menghadirkan guru didik dibidang ke agamaan untuk memberikan siraman rohani kepada para anak didiknya. Sisawa bila sudah dibentengi pondasi yang kuat dengan pendidikan agama tidak akan melakukan hal yang dilarang oleh agama, pungkasnya kepada FBN.

Di lain tempat FBN menyambangi Kepsek SMKN 1 Jayakerta di ruang kerjanya, saat di konfirmasi tentang kegiatan sekolah” Asep Akhmad Kahfi mengatakan kepada FBN kami beserta para guru didik sedang giat-giatnya meningkatkan kwalitas mutu pendidikan, kami berupaya mewujudkan peserta didik menjadi generasi bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Hal tersebut yang juga menjadi tolak ukur dari sebuah keberhasilan yang diraihnya. Pasalnya Pendidikan adalah salah satu wadah utama untuk estafet generasi penerus dimasa depan sesuai dengan anjuran Kemendiknas “kata Asep Akhmad” sambungnya.

Agar guru didik diharapkan bisa memotivasi para siswa untuk meningkatkan prestasi, Sehingga dapat menumbuhkan kemapuan dibidangnya, agar dipahami. “Kedisiplinan begitu penting bagi kemajuan sekolah, Oleh karenanya disiplin menjadi tanggung jawab bersama antara kepala sekolah, guru dan para siswa,” ungkapnya Asep.

SMK Negeri 1 Jayakerta Kini memiliki 767 siswa, Sementara jumlah guru yang ada yakni 7 Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) termasuk kepsek, diantaranya Guru Honor dan 1 penjaga sekolah. Perlu diketahui juga bahwa SMK Negeri 1 Jayakerta memilki sarana dan prasarana yang cukup memadai, antara lain memiliki ruang kelas sebanyak 11 lokal ruang praktek 2 lokal ruang kantor 1 lokal, sarana tempat ibadah dan yang lainnya yang perlu penanganan secara professional agar efisiensi penggunaan sarana dan prasarana tersebut dapat dioptimalkan dan berkelanjutan, sehingga proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan pada akhirnya diperoleh lulusan yang bermutu.
Tenaga pendidik yang cukup handal dan berpengalaman dibidang Jurusan/ Kompetensi Keahlian dan Akreditas, Teknik Sepedah Motor ( TSM ) dan Teknik Komputer dan Jaringan ( TKJ ) sambungnya,
Mewujudkan SMK Negri 1 Jayakerta menjadi sekolah yang bermutu dan berkeunggulan sehingga mampu menghasilkan SDM profesional yang mandiri dan berdaya saing tinggi di era globalisasi. Kata asep”menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang beriman, bertaqwa, cerdas, terampil, mandiri dan berkepribadian unggul, melalui proses pendidikan dan pelatihan yang dinammis, terpadu dan sinkron dengan pasar tenaga kerja.

Tujuan Pendidikan Kejuruan, mangacu pada UU SISDIKNAS mengenai tujuan Pendidikan Nasional (pasal 3) dan penjelasan pada pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja pada bidang tertentu

membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi dengan lingkungan kerja, mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang dimilikinya;

membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni agar mampu mengambangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.sambungnya,
SMK Negri 1 Jayakerta (Sekolah Menengah Kejuruan) yang sedang berkembang. dan mementingkan Kualitas sekolah baik dan berkualitas.Mencetak alumni SMK Negri yang siap bersaing tak kalah bersinar dalam berbagai bidang.para guru yang sangat berpotensi menurut H.Asep peran serta masyarakat terhadap dunia pendidikan di jayakerta ini cukup baik. kami masih berupaya menjalin silaturahmi dengan masyarakat untuk mengikat hubungan lebih baik lagi ke depan. Sehingga partisipasi masyarakat tetap harmonis,”imbuhnya.
Kami Sangat membutuhkan halaman sekolah yang masih tanah dan pemagaran lingkungan sekolah pasalnya bila dimusim hujan halaman sekolah digenangi air perlu dibutuhkan pengerasan papingblok ,mohon bantuan Pemerintah Pusat/ Daerah agar memperhatikan , demi terciptanya suatu kegiatan pembelajaran yang nyaman dan aman, sehingga apa yang diharapkan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dapat terwujud dengan terlaksana, Amin.

Reporter : A. Rachmat. S