08/17/2022
Post Visitors:24

FBN – TANAH BUMBU || Bertempat Halaman Kantor KPU Tanah Bumbu telah dilaksanakan Deklarasi Ikrar komitmen pencegahan Covid-19, yang melibatkan anggota TNI dan Kepolisian, Pemkab Tanah Bumbu, dan Calon Peserta Pilkada
Pada Kamis (10/09/2020).

Menanggapi Deklarasi ini, Ketua Bawaslu Tanah Bumbu H. Kamiluddin Malewa mengapresiasi dan menyatakan salut atas upaya KPU Tanah Bumbu untuk kembali mengingatkan semua pihak agar Pilkada tidak menjadi cluster baru penyebaran covid-19.

Secara terpisah malam ini kepada pewarta FBN, Kamiluddin menyampaikan tentang Kronologis dilanjutkannya kembali Tahapan Pilkada. Dalam RDP Komisi II DPR RI bersama dg Penyelenggara dan Pemerintah tgl 8 April 2020 disepakati bahwa Tahapan Pilkada dilanjutkan dengan ketentuan penyelenggaraannya menerapkan protokol covid 19. Artinya KPU dan BAWASLU menormakan Penerapan Protokol Covid 19 tsb dalam PKPU dan PERBAWASLU.

“Dalam pelaksanaannya, Penyelenggaraan Pilkada yang tidak mematuhi anjuran protokol pencegahan penyebaran covid 19, maka subtansial maksud PERPPU No. 2 th 2020 tentang perubahan ketiga UU Nomor 1 th 2015 tentang penetapan Perppu No. 1 th 2014 tentang Pilkada yang mengatur mengenai penundaan dan kelanjutan Pilkada serentak 2020 tidak tercapai,”
Kemudia Ketua Bawaslu ini melanjutkan, “ bukan tidak mungkin pilkada kembali ditunda jika kemudian timbul cluster pilkada yang secara massif menjadi ancaman bagi kesehatan dan keselamatan rakyat.” Katanya khawatir.

“Demikian pula Deklarasi Ikrar komitmen ini hanya akan menjadi acara seremonial semata apabila semua pihak tidak berkomitmen pada ikrar deklarasi pencegahan penyebaran covid 19 yang dibacakan tadi. Kita Perlu saling mengingatkan dan mau diingatkan untuk mematuhinya.” Kata Kamiluddin Malewa Menutup himbauannya.

Pewarta : Leny

%d blogger menyukai ini: