Kodim 0604/Karawang, Berikan Bimbingan Teritorial Terpadu Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Dilapangan Makodim

5

FBN – Karawang || Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter Dan Berwawasan Kebangsaan, Kodim 0604/Karawang lakukan pembinaan pramuka, dalam rangka Bimbingan Teritorial (Binter) Terpadu, Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika di lapangan Makodim 0604/Karawang, Jumat (20/11/2020).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Pembinaan Teritorial Terpadu yang bertujuan untuk membentuk pemimpin masa depan Kabupaten Karawang yang berkualitas, memiliki rasa disiplin yang tinggi, dan bertanggung jawab.

Pramuka merupakan wadah untuk membuat pribadi generasi muda yang memiliki karakter bertakwa, berjiwa patriot, memiliki jiwa kepemimpinan yang tangguh, cinta terhadap sesama dan lingkungan sekitar, serta bisa mentaati hukum yang berlaku.

Ada historisnya dari anggota pramuka menjadi anggota TNI, gerakan pramuka lahir sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang mengedepankan pendidikan watak dan kepribadian, menumbuhkan semangat patriotik dan jiwa bela negara.

Dikatakan Dandim 0604/Karawang, Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo melalui Pasiter, Lettu Kav Endang, Pramuka merupakan salah satu pilar utama dalam membentuk karakter generasi muda, karena itu melalui Pramuka diharapkan mampu memunculkan tunas bangsa dan kader terbaik bangsa.

“Gerakan pramuka Saka Wira Kartika (SWK) ini bertujuan untuk meciptakan generasi yang unggul, generasi yang hebat dan generasi yang kreatif bagi kemajuan bangsa,” ucap Pasiter, disela kegiatan.

Menurutnya, saat ini Kodim 0604/Karawang berperan aktif dalam memajukan gerakan pramuka di Kabupaten Karawang yang mana setiap tahunnya mendidik generasi muda melalui wadah Pramuka Saka Wira Kartika yang ada di masing-masing Koramil jajaran Kodim 0604/Karawang.

“Tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda yang berperilaku positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku untuk mencetak pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana serta menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasilais, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Terkahir Pasiter memberikan pengetahuan wawasan tentang bahaya Covid-19 dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Setelah Binter Pembinaan Saka Wira Kartika ini, para siswa – siswi dapat menjadi generasi yang bisa menjaga diri, keluarga, sekolah dan lingkungannya serta bertanggung jawab dalam kehidupan sehari – hari, baik di rumah, dimasyarakat maupun di sekolah,” pungkasnya.

(A.Hoirudin).