11/30/2022
didik
Post Visitors:64

MELAWI,KALBAR – FBN || Sejumlah 14 Desa di Kabupaten Melawi bakal didatangkan pembangkit listrik tenaga hybrid dan jaringan internet. Hal ini disampaikan direktur utama PT. Kandaurang Andela Sarana (PT. KAS) Agustinus Sabino,Spd saat ditemui di ruang kerjanya,” Sabtu, (03/10/20).

Kegiatan yang sudah di inisasi PT. KAS sejak Juli 2020 lalu akan direalisasikan awal Oktober 2020 tahun ini. Pembangunan tenaga listrik hybrid ini akan dilakukan dalam dua tahap di 7 Kecamatan di Kabupaten Melawi.

Agustinus juga mengatakan 14 desa yang akan di bangun listrik tenaga hybrid dan jaringan internet ini berada di kecamatan Sokan, Tanah Pinoh Barat, Tanah Pinoh,Belimbing, Pinoh Utara, Ella Hilir, dan Kecamatan menukung. Kapasitas listrik tenaga hybrid tahap pertama sebesar 2.5 Mega Watt dengan target 1.889 pelanggan. Setiap desa akan bervariasi tenaga listrik yang akan di bangun sesuai jumlah penduduk di desa.

“Masing-masing kecamatan yang akan di bangun listrik tenaga hybrid adalah kecamatan Sokan 4 desa, Tanah Pinoh Barat 4 desa, Tanah Pinoh 1 desa, Belimbing 2 desa, Pinoh Utara 1 desa, Ella Hilir 1 desa, dan menukung 1 desa. Pengerjaan kontruksi akan dilakukan secara paralel awal Oktober ini.Target 1 desa pengerjaannya adalah 3 bulan. ada 3 desa yang akan diakselerasi atau percepatan pembangunannya yaitu desa Upit, desa Nyangai dan desa manis permai sebagai pilot project atau contoh bagi desa lain”. Ungkapnya.

Selanjutnya Agustinus mengatakan, dalam pembangunan listrik tenaga hybrid pihaknya menggandeng PT. Panah Perak Mega Sarana (PT. PPMS) sebagai mitra untuk pengerjaan di bidang pembangkit tenaga listrik dan jaringan internet. Sementara PT.KAS pengerjaan di bidang transmisi. Mengenai proses perizinan sudah diterbitkan bulan juli lalu dan sudah disampaikan kepada kementerian ESDM, Gubernur Kalbar, Dinas ESDM Kalbar. Perihal pembebasan lahan juga sudah selesai di sepakati di 20 titik yang ada di desa untuk pembangunan listrik tenaga hybrid dan jaringan internet ini.

Anggota DPR RI,Yessy Melania Mengatakan melalui program pembangunan listrik oleh swasta ini bisa menjadi satu diantara solusi untuk mewujudkan kabupaten Melawi terang benderang. “Dengan memanfaatkan Energi Baru seperti matahari dan angin dan membantu pemerintah khususnya Kabupaten Melawi dalam penyediaan energi listrik sampai kepedesaan”.ucapnya

Direktur Area PT. KAS Kabupaten Melawi, Kimroni,S.KOM,M.H mengatakan saat ini kami sedang melakukan proses pengiriman material dari Jakarta ke Pontianak lalu di bawa ke kabupaten Melawi. PT. KAS sendiri menurutnya memang khusus bergerak di bidang energi baru-terbarukan. Tahap pembangkit listrik tenaga hybrid akan di bangun di 14 desa yg tersebar di 7 Kecamatan.

“Untuk transmisi pembangkit listrik tenaga hybrid kita datangkan dari Australia, sedangkan untuk solar sel atau panel Surya kita datangkan dari Cina. Barang-barang ini sedang dalam proses pengiriman sampai ke Melawi”. Ujar Kimroni.

Disampaikan Kimroni, desa sasaran program pembangkit listrik tenaga hybrid di 7 Kecamatan yaitu, Kecamatan Sokan desa Nanga Tangkit, Gelata, Teluk Pongkal Nanga Libas. Kecamatan Tanah Pinoh Barat desa Harapan Jaya, Togan Baru, Ganjang, Laja. Kecamatan Belimbing desa Nanga Entebah, Upit. Kecamatan Pinoh Utara desa Merpak. Kecamatan Ella Hilir desa Nyanggau. Kecamatan menukung desa Laman Mumbung dan Kecamatan Tanah Pinoh desa Maris Permai.

“Ini adalah bentuk pengabdian kami kepada masyarakat kabupaten Melawi, bahwa pihak swasta seperti kami bisa membantu demi Melawi yang lebih baik, kami juga berterima kasih kepada ibu Yessy Melania selaku anggota DPR-RI yang telah membantu proses pengadaan pembangkit listrik tenaga hybrid dan jaringan internet di kabupaten Melawi. Program ini tidak ada kaitan politik sama sekali karena memang sudah direncanakan sejak lama. Ini murni niat tulus kami dalam upaya membuat Melawi lebih baik, mengingat beberapa wilayah pedesaan di kabupaten Melawi belum ada yang teraliri listrik, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada ibu Yessy Melania yang telah memperjuangkan program ini” . Tutupnya.

( Dk/Dm/Awn)

%d blogger menyukai ini: