KPA sumut Laksanakan Also Perduli Lingkungan

KAB. BATU BARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Puluhan Komunitas yang tergabung dalam Komunitas Pencinta Alam (KPA) Sumatera Utara melakukan aksi peduli lingkungan dengan cara menanam pohon Magrove serta melakukan pengutipan Sampah dikawasan Pariwisata Pantai Jono (Perjuangan) Desa Lalang Kecamatan Medan Deras Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara, Minggu.(28/07/19) di Prakarsai oleh KPA Kabupaten Batu Bara.

KPA yang digagas oleh Abi Yuda Firzatullah salah satu Mahasiswa Unimal Malikul saleh Banda Aceh, sebelum melakukan pengutipan Sampah terlebih dahulu melakukan Penanaman pohon Magrove di bagian timur areal Pantai Jono (Perjuangan), dimana kegiatan peduli terhadap lingkungan merupakan rangkaian dari event Konservasi Pantai yang dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu. (27 – 28 Juli 2019).

“Menanam pohon supaya terjadi penghijauan dan memilah sampah harus dijadikan kebiasaan baru bagi masyarakat” sampai Peserta KPA.

Dalam melaksanakan gotong royong pengutipan sampah, membuka Cakrawala berpikir masyarakat Batu Bara dan membangun silaturahmi antara KPA melalui kegiatan Konservasi Pantai yang mengusung Tema ” Sayangi Pohon, Baru Pacar ” 1 Pohon/Sampah = 1 Gelas Kopi.

Kegiatan yang dipelopori oleh Mahasiswa Unimal Malikulsaleh Banda Aceh mengambil jurusan Tekhnik Abi Yuda Firzatullah yang juga Pencinta Alam dan Lingkungan,

Selama dua hari kegiatan berlangsung terus melakukan pengutipan sampah berserakan di kawasan pantai yang kini menjadi salah satu lokasi wisata. Kegiatan itu juga ikut melibatkan bukan mahasiswa.

Ketua panitia pelaksana sekaligus pengagas KPA, Abi Yuda Firzatullah mengatakan kegiatan ini sekaligus mensosialisasikan pentingnya menjaga pantai dari sampah kepada warga setempat. Sehingga diharapkan setelah kegiatan ini dilakukan, kesadaran masyarakat setempat semakin meningkat dalam hal menjaga kebersihan lingkungan.

“Kita juga akan lakukan sosialisasi dengan warga nantinya, terkait peran andil mereka dalam menjaga pantai, karena warga setempat ujung tombak dalam menjaga pantai” katanya Abi Asli Putra Batu Bara kepada wartawan.

lanjutnya, Komunikasi Pencinta Alam (KPA) yang peduli terhadap Lingkungan untuk wilayah Kabupaten Batu Bara adalah Launching perdana, ” Penanaman Pohon sebanyak 50 Magrove serta pengutipan Sampah di areal Pantai Jono (Perjuangan) yang diikuti oleh 300 orang yang tergabung dalam 30 Komunitas di Sumatera Utara” ujar Abi bersemangat.

Reporter: Supriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *