Lagi Lagi Oknum Kades Tabrak UU No 14 Tahun 2008, Tentang KIP

51

KAB. CIANJUR, FOKUS BERITA NASIONAL | Masyarakat desa Ciberuem Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Mencibir Pemeritah desa Ciberuem. Kekecewaan masyarakat atas tidak tranparannya Pemdes terhadap penggunaan Anggaran Desa.

Terlontar dari ucapan Cecep, Kami selaku warga desa Cibeureum menuntut agar pemerintahan desa membuat atau memasang papan informasi penggunaan anggaran Dana Desa (DD). APBDes dan anggaran yang di gelontorkan baik dari Pemerintah Daerah maupun Pusat.

Sesep salah satu tokoh warga di kampung Simpang desa Cibeureum, menilai banyak sekali Indikasi pekerjaan yang bersumber dari Dana Desa (DD) yang langsung diborongkan ke pihak lain oleh Kepala Desa.

Masih dikatakan Cecep, Hal tersebut diduga kuat dilakukan oleh kepala desa demi mendapatkan ke untungan secara peribadi. Bisa saja buat memperkaya diri sendiri dengan menggunakan uang rakyat. “uangkapnya.

Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi LKPK Kabupaten Cianjur, Pudin Ariwibowo. SH, Sangat menyayangkan Prilaku oknum Kades yang lagi lagi Tabrak Undang Undang No 14 Tahun 2008, selain itu kepala desa sering kali mendapat bimbingan teknik (Bimtek) yang diantaranya pemerintah desa wajib memasang papan informasi, yang bertujuan agar masyarakatnya dapat melihat dan mengetahui progres pembangunan dan penyerapan terhadap pengunaan anggaran Dana Desa kepada publik.

Bahkan kami menghimbau kepada Inspektorat dan BPK lebih selektif dalam pemeriksaan dalam mengaudit keuangan Dana Desa.

Bahkan Pudin meminta kepada Kejaksaan Negeri Cianjur dan Tipikor Polres dapat dan bergerak cepat di setiap adanya informasi yang berkembang, sebagai bahan dasar atau bahan awal melakukan investigasi dan penyelidikan.

Kami atas nama salah satu Lembaga adahal jelas dan mutlak setiap lemabaga Anti Rasuah terus mengkaji dan mendalami atas dugaan dugaan yang dilakukan oleh oknum kades terasebut. Tutupnyaa. (Red)