09/25/2022
Post Visitors:86

FBN – CIANJUR || Kejaksaan Negeri Cianjur dan juga Tipikor Polres Cianjur agar segera menindak tegas oknum pejabat desa yang menyalah gunakan kewenangan demi kepetingan pribadi.

Ketua Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi, Pudin Ariwibowo kepada awak media fokusberitanasional.net, Kamis (10/9/20),Kami siap giring para keluarga penerima manfaat untuk membuat laporan secara hukum atas tindakan Pungli yang dilakukan dengan tidak jelas peruntukannya.

Lagi -lagi kantor Lembaga KPK terima beberepa laporan warga masyarkat miskin dari desa Sukanagalih kecamatan Pacet terkait potongan dana Covid-19 dengan nilai 500.000 ribu rupiah, yang di potong oleh ketua RTnya masing masing dengan nilai 250.000 ribu rupiah.

Bahkan potongan uang tersebut tidak memiliki berita acara yang sewajib nya di terapkan sesuai undang- undang keterbukaan informasi publik, “sejumlah perangkat desa tersebut siapa siap masuk bui”, ucap Pudin.

Selain ketua RT Sunat dana bantuan Covid-19 ada juga ketua RT yang menguasai kartu Bantuan Pangan Nontunai milik warga masyarkat miskin (keluarga penerima mampaat (KPM)sebut saja ketua RT Nanang yang menjabat di RT 03/11 kampung Cinengah desa Sukanagalih kecamatan Pacet.

Bahkan Nanang sebagai ketua RT beralibi yang tidak masuk akal bagi para KPM/keluarga penerima manfaat, dirinya mengatakan bantuan BPNT akan dihilangkan bagi warga miskin yang sudah dapat bantuan uang Covid-19. Selain ketua RT, juga selalu mencairkan kartu BPNT nya KPM oleh dirinya sendiri dan hasil pencairan ketua Rt juga menyunat kembali hasil bantuan sembako milik warga miskin dengan mengurangi hasil timbangan beras dan lain lainya tanpa seizin penerima manfaat.

Setelah banyak sekali warga atau KPM yang mengadukan dugaan pungli yang terjadi di desa Sukanagalih kecamatan Pacet, Pudin langsung menghubungi orang desa yang dikenalnya, sebut saja Mahpud, Pudin meminta Mahpud untuk segera mengecek hal hal yang menjadi aduan warga masyarkat terkait bantuan mereka yang merasa terzolomi.

DIijawab oleh Mahpud melalui alat komunikasi HP.”siap kang saya akan kroscek kelapangan dan saya akan tegur semua ketua RT nya jika betul tindakan tersebut dilakukanya, Saya kirim nomor Kesra dan Kades nya guna dikalirifikasi juga terkait ramainya aduan kang, dan kami tidak akan tinggal diam atas tindakan yang terjadi pada warga masyarkat desa Sukanagalih yang sudah tercatat sebagai penerima manfaat dalam betuk apapun”. Ucap Mahpud, kamis (10/9/20).

Ketua Lembaga KPK, Pudin Ariwibowo langsung menghubungi kepala desa Sukanagalih melalui nomor kontak tlp nya, guna melakukan konfirmasi terkait ramainya aduan warga masyarkat terkait oknum desa yang diduga sudah bertindak pungli akan hak warga miskin. Diterangkan oleh Dudung sebagai kepala desa, iyah itu semua sudah saya panggil dan udah saya klaripikasi kepada semua perangkat saya dan insya allah saya akan segera membenahi hal hal tersebut, pungkasnya. ( Red)

%d blogger menyukai ini: