08/16/2022
Post Visitors:41

Kepala Bagian Instalasi K3 RSUD Karawang

FBN – KABUPATEN KARAWANG || RSUD Kabupaten Karawang yang diduga telah melakukan kelalaian membuang limbah medis sembarangan tanpa safety, terlihat kurangnya kontrol dari pihak RSUD sehingga membiarkan bahan yang berbahaya terletak di sembarang tempat.

Dilansir dari pemberitaan sebelumnya, tidak hanya limbah medis namun pelayanan dari pihak RSUD juga di keluhkan oleh keluarga pasien yang di haruskan membeli obat di luar dengan keliling apotik, meskipun pasien sudah sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Dengan adanya informasi ditemukan limbah medis yang di tempatkan di sembarang tempat, pihak RSUD Karawang melalalui Dr. Heni Setiawati selaku Kepala instalasi K3 angkat bicara.

Dirinya memaparkan, bahwa limbah medis itu memang seharusnya tidak ada di tempat seperti itu, seharusnya itu ada di dalam ruangan sampai nanti ada pihak yang mengambil sampah medis yang sudah terkumpul.

“Saya mengakui telah lalai dalam pengawasan, namun kami juga sudah memberikan himbauan kepada seluruh karyawan terutama dari cleaning servis, agar tidak terjadi hal yang sama untuk lebih berhati-hati.”Terangnya Kepada media. Selasa (25/08/2020).

Kepala Instalasi K3 ini juga di dampingi oleh stafnya Supangkat, dan Kepala Humas RSUD Ruhimin, saat memberikan jawaban terkait limbah medis di ruang humas.

Dr. Heni Setiawati juga memberikan simulasi kronologis, sehingga terjadinya pembuangan limbah medis di sembarang tempat tanpa adanya safety.

Dengan tegas dan lantang Dr. Heni Setiawati mengakui kelalaiannya, lalu dirinya mempertanyakan apah lagi yang harus diperbuat nya, seakan dirinya sudah tidak sanggup lagi dalam menjalankan tugasnya.

“Saya sudah himbau karyawan, saya sudah coba berkordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan, lalu apa lagi..?? Apa saya harus di copot atas kelalaian ini, saya pun siap.”Tegasnya.

Ditempat yang sama Ruhimin selaku kepala humas mengucapkan terimakasih kepada rekanan media atas informasi yang telah diberikan, sehingga dirinya akan selalu memperbaiki untuk pelayanan publik khususnya RSUD Kabupaten Karawang yang merupakan RS pemerintah.Ucapnya.

Namun beda halnya dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, saat awak media mencoba melakukan konfirmasi kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang (Kadinkes) Plt Drg. Nanik Djojana.

Saat ditemui di kantornya, bersamaan dengan adanya jadwal rapat di luar sehingga dengan terburu-buru Kadinkes pun harus pergi, namun diwakili Yanto selaku Sekdinkes Kabupaten Karawang menerangkan bahwa dirinya baru mengetahui adanya informasi sekitar RSUD.

“Dulu saya juga pernah dengar, namun kalo yang ini mungkin temuan baru lagi, coba saya nanti akan berkordinasi dengan pihak RSUD.”Ucapnya.

Sekdinkes Yanto juga menyayangkan apabila hal itu benar, menurutnya itu semua sudah ada bagiannya masing masing, namun dirinya baru mengetahui hal pembuangan limbah medis yang di taro di sembarang tempat.

Dengan meminta sejumlah informasi, dirinya akan segera melakukan kunjungan ke RSUD untuk mendapat informasi lebih jelasnya dari Keterangan pihak RS.

“Saya mewakili Kadinkes akan menyampaikan hal ini kepada beliau, namun kebetulan beliau sedang ada rapat di luar, saya juga akan lakukan kunjungan ke RSUD demi mendapatkan Informasi lainnya, setelah dari RSUD maka saya kabarkan kembali.”Pungkasnya.

Reporter : (**Tif)

%d blogger menyukai ini: