Lokakarya Perencanaan Kebutuhan Tenaga Kependidikan

58

KAB. BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI di bawah direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan bekerja sama dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Batu Bara menggelar lokakarya penguatan kapasitas perencanaan kebutuhan pemindahan tenaga kependidikan, di Aula Dinas Pendidikan Jalan Perupuk Desa Perupuk kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kamis (12/9/2019).

Program penguatan kapasitas perencanaan tenaga kependidikan ini merupakan program langsung Kemendikbud tahun 2019 di 34 provinsi dari 128 kabupaten/kota di seluruh indonesia, bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas memperbaiki kinerja, serta memecahkan permasalahan operasional yang terjadi di lapangan terkait pendidikan tahun ini

Bupati Batu Bara Ir Zahir MAp dalam sambutannya yang disampaikan Plt kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Batu Bara Ilyas S Sitorus mengharapkan kepada semua peserta lokakarya ini agar mengikuti dengan sungguh – sungguh, karena kegiatan ini penting, mengingat tim Kemendikbud akan meminta masukan dari kita sebagai bahan diskusi selanjutnya di tingkat pusat.

Dia juga berharap kepada panitia penyelenggara untuk mencatat peserta yang tidak aktif untuk mengikuti kegiatan lokakarya atau meninggalkan tempat sebelum acara berakhir agar segera menginformasikan kepadanya.

Bupati Batu Bara Ir Zahir melalui Plt Disdikbud Batu Bara Ilyas S Sitorus didampingi Plt Ka BKD mengucapkan selamat datang kepada tim Kemendikbud, yang sudah memilih salah satu dari 128 kabupaten/kota di 34 provinsi se indonesia, sedangkan kabupaten Batu Bara sebagai salah satu tempat berlangsungnya lokakarya tersebut.

“Oleh karenanya Plt Kadisdik kabupaten Batu Bara Ilyas S Sitorus menghimbau agar peserta mengikuti semua rangkaian kegiatan ini dengan serius, sebagai mana harapan bupati Batu Bara,” ungkapnya.

Plt Kadisdik Batu Bara meminta perhatian kawan – kawan dan Kemendikbud untuk ikut membantu pembangunan pendidikan di kabupaten Batu Bara.

“Kami siap bekerja sama sepanjang di beri kesempatan oleh kemendikbud agar visi misi Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Batu Bara, khusus pada misi 3 dan 7 yaitu meningkatkan mutu pendidikan, kesehatan dan spritual masyarakat serta mewujudkan masyarakat yang produktif, inovatif, dan berbudaya,” papar Ilyas.

Sementara itu, Dr Acep Tapip Yani MPd, tim pengembangan penguatan kapasitas perencanaan kebutuhan dan pembinaan tenaga kependidikan kemendibud yang juga ketua Asosiasi Kepala Sekolah Seluruh Indonesia (AKSI) mengatakan bahwa lokakarya tersebut di maksud untuk memberikan pemahaman secara memetakan kebutuhan pengawas sekolah dan kepala sekolah serta perencanaan dan tenaga kependidikan tersebut.

Selain itu ketua AKSI Dr Acep Tapip Yani juga memperkenalkan aplikasi sistem informasi manajemen perencanaan kebutuhan dan penataan tenaga kependidikan (Sim Tendik) di dinas pendidikan kabupaten Batu Bara ditunjuk sebagai operator aplikasi sim tendik untuk penataan tenaga kependidikan.

“Sebagai jabatan kepala sekolah (Kepsek) yang bersifat manajerial bisa dijalankan sebanyak 16 tahun dengan rincian 2 periode di sekolah yang sama atau sekolah berbeda, setiap tahunnya sesuai kepentingan dinas, dimana 1 periodenya lain 4 tahun dan 2 priodenya di sekolah lain,” jelas Acep.

Semoga program ini dapat memenuhi tujuannya yang dirancang dalam upaya memberikan kemudahan dan pemahaman yang sama bagi pihak terkait dalam perencanaan kebutuhan dan penataan pengawas sekolah dan Kepsek di daerah.

Acep juga mengatakan, kesempatan ini mari sama – sama kita dukung visi misi bupati Batu Bara, apa lagi saya lihat Plt Kadisdik Ilyas semangatnya begitu luar biasa sejak kemaren kami berdiskusi baik di ruang kerjanya maupun di Mes Inalum Tanjung Gading tempat kami tinggal sampai makan malam bersama beliau (Ilyas red) begitu semangatnya untuk dapat berbuat untuk pendidikan di kabupaten Batu Bara ini.

Lebih lanjut Acep menyebutkan Plt Kadisdik Ilyas punya koneksi yang terjaga dengan baik dengan pusat, walaupun beliau pernah meninggalkan dinas pendidikan Provsu dan berkiprah di lingkungan sekretariat pemerintah sumatera utara (Pemprovsu) dengan berbagai jabatan yang sudah beliau lalui.

“Namun hubungan baik dengan kawan – kawan di Kemendikbud sampai dengan saat ini silaturahminya tetap terjaga dengan baik, apa lagi saat ini Bupati Batu Bara Ir Zahir memberikan kesempatan dan kepercayaan untuk bersama – sama Pemkab Batu Bara membangun dari sisi pendidikan, sehingga selogan Batu Bara ‘BISA” benar – benar terwujud sesuai visi misi bupati Batu Bara Ir Zahir MAP,” beber Acep.

Dalam hal lokakarya tersebut banyak hal yang menjadi topik diskusi maksudnya pemaparan desain dan pedoman perencanaan kebutuhan dan penataan KS dan PS, pengenalan dan uji coba penggunaan aplikasi perencanaan kebutuhan dan penataan KS dan PS : pengisian instrumen, uji keterbacaan pedoman dan identifikasi kebutuhan program.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP diwakili Plt Kadisdik kabupaten Batu Bara Ilyas S Sitorus, Ka BKD kabupaten Batu Bara M Daud, unsur MKKS SMP, K3S SD, serta empat orang dari Kemendikbud RI sebagai narasumber dalam lokakarya tersebut.

Reporter: Supriadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini