07/06/2022
Post Visitors:38

FOKUS BERITA MELAWI — Setiap daerah memiliki cara dan ciri khas tersendiri dalam memeriahkan hari raya Idulfitri, seperti gelaran lomba perahu hias dan dragon boat yang ada di kabupaten Melawi, Kalimantan Barat.

Lomba yang diadakan untuk menghidupkan kembali tradisi masyarakat Melawi itu pun sukses dilaksanakan tahun ini. Hal itu terbukti dengan antusiasme warga yang ingin menyaksikan gelaran lomba hingga memadati bantaran sungai Melawi dan Pinoh.

Mendapati lomba yang digelar pihaknya sukses, Eet Roskayudi selaku Ketua Panitia Lomba serta Kepala Desa Baru pun menyampaikan apresiasinya kepada pihak Polres Melawi atas pengamanan yang dilakukan selama dua hari lomba digelar, dan selesai pada Selasa, (3/5/2022).

Eet bahkan menyebut lomba perahu hias dan dragon boat ini sebenarnya merupakan usulan langsung dari Kapolres Melawi yang ingin mengalihkan kegiatan perang kembang api yang beberapa tahun terakhir dilakukan warga Nanga Pinoh saat hari pertama Idulfitri.

“Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres Melawi, Pak Kabag Ops dan Kasat Intelkam yang telah menginisiasi dan mendampingi kami hingga lomba ini selesai dan berjalan dengan lancar dan aman,” ucapnya saat ditemui awak media usai gelaran lomba tersebut.

Dirinya pun berharap lomba perahu hias maupun dragon boat ini dapat digelar kembali ke depannya. Pasalnya, kegiatan ini dinilai positif dibandingkan kebiasaan warga melakukan perang kembang api seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau perang kembang api itu kan sifatnya berbahaya karena bisa mencelakai yang main bahkan yang cuma lewat dan juga jembatan menjadi macet karena banyak yang mainnya di jembatan,” ujarnya.

Ia pun mengaku akan meminta Pemda Melawi agar menetapkan kegiatan ini menjadi agenda tahunan dan dikemas dengan lebih baik ke depannya.

“Karena karnaval perahu hias ini memang tradisi lama yang kita hidupkan kembali. Juga untuk lomba dragon boat, ini bisa menjadi sarana kita mencari bibit-bibit atlet dayung, yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Melawi sampai dikancah nasional,” pungkasnya. (Dik)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: