LPP PMII Karawang, 17 Orang Panwascam Terancam Kena DKPP

61

FOKUS BERITA NASIONAL | KABUPATEN KARAWANG – Lembaga Pemantau Pemilu (LPP) PC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Karawang berencana laporkan 17 anggota Panwascam Karawang ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Laporan tersebut terkait dengan pertemuan tertutup sejumlah komisioner Panwascam dengan Caleg DPR RI Jabar VII di salah satu hotel Purwakarta.

Lembaga Pemantau Pemilu PMII Karawang menyayangkan hal ini, Komisioner Panwascam yang seharusnya menjaga integritas penyelenggara malah melakukan pertemuan tak wajar dengan salah-satu Caleg.

“Jika hal ini dibiarkan dan tidak ditindak tegas oleh Bawaslu, kami pesimis akan netralitas penyelenggara, ” ujar Feri Rizwan, Ketua LPP PC PMII Karawang.

Sementara diterangkan Ketua Umum PC PMII Karawang Harry Priyatna, pihaknya telah mengantongi nama-nama komisioner yang melakukan pertemuan tersebut.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Ketua PC PMII Purwakarta dan mendapatkan jejak pertemuan antara Panwascam dengan Caleg DPR RI dari pihak hotel. Kami sudah kantongi foto-fotonya juga. Sekarang Kita lihat saja, apakah Bawaslu Karawang melakukan proses apa tidak. Kalau Bawaslu Karawang diam-diam saja, bukan tidak mungkin kami akan laporkan juga Bawaslu Karawang ke DKPP,” ujarnya.

Hary menjelaskan, menurut Pasal 135 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Bawaslu dapat menerapkan sanksi berupa pemberhentian anggota yang melakukan pelanggaran. Oleh karena itu, sebagai penyelenggara pemilu Bawaslu harus benar-benar menjaga integritasnya sebagai lembaga penyelenggara pemilu.

“Bawaslu harusnya jadi mitra kami dalam melakukan pengawasan. Bukan malah yang terindikasi tidak netral,” paparnya.(Red-FBN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini