ACEH UTARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Sumber Daya Manusia (SDM) – Suatu Negara pasti mempunyai dan membutuhkan sumber daya manusia untuk memenuhi tujuan yang ingin dicapai oleh negara tersebut, misalnya dalam bidang ekonomi, sosial, pendidikan, dan sebagainya.

Sumber daya manusia ini harus dikelola dengan baik agar bakat dan kemampuannya dapat bermanfaat secara utuh, maksimal dan tepat sasaran melalui metode-metode dan sistem yang efektif dan efesien.

Sosialisasi ini di laksanakan di Desa/ Gampong Meunye Cut Bahagia Kec. Kuta Makmur Aceh Utara.
Dengan kondisi Gampong yang jauh dari pusat kota dan jarak yang jauh masuk ke pedelaman yang mayoritas pemukiman Masyarakat dikelilingi perkebunan membuat Gampong tersebut kurang diperhatikan oleh Pemerintah Daerah, sehingga kurangnya akses transportasi umum dan juga sulitnya akses jaringan telpon maupun internet.

Sehingga Mahasiswa sekaligus penulis tertarik untuk membuat sosialisasi dengan tema “Manajemen Sumber Daya Manusia Siap Kerja”
✓Nama Mahasiswa:
• Iqra Ramadhani
•Asal Jurusan : Prodi Administrasi Publik (FISIP)
✓Ketua KKN Kelompok 92
• M. Abdy Yusuf
✓ Dosen Pendamping Lapangan
• Yuli Asbar S.E., M,Sc

Sosialisasi ini dilaksanakan di Meunasah MC Bahagia yang menjadi satu-satunya tempat sarana pelaksanaan kegiatan. Berhubung di desa ini belum memiliki sarana dan prasarana seperti Aula Desa / gedung serba guna maupun kantor desa. Kegiatan inipun terlaksana dengan sangat sederhana, tidak terlalu formal tetapi bersifat serius.

• Manajemen Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting sehingga harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, Manajemen sumber daya manusia merupakan program aktivitas untuk mendapatkan sumber daya manusia, mengembangkan, memelihara dan mendayagunakan untuk mendukung organisasi mencapai tujuannya.

• Fungsi Sumber Daya Manusia
Beberapa fungsi sumber daya manusia dijelaskan secara lengkap yaitu sebagai berikut.

1. Sebagai Tenaga Kerja
Tenaga kerja disebut juga ‘man power’ merupakan seluruh penduduk yang memiliki usia siap kerja (produktif). Tenaga kerja mempunyai kemampuan untuk memberikan jasa setiap satuan waktu yang berguna untuk menghasilkan produk berupa barang maupun jasa yang dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri atau orang lain

2. Sebagai Tenaga Ahli
Sumber daya manusia dapat berfungsi sesuai bidang dan kemampuannya salah satunya adalah sebagai tenaga ahli bagi suatu perusahaan atau negara.

3. Sebagai Pemimpin
Sumber daya manusia yang mempunyai kapasitas lebih besar dengan skill dan pengalaman yang mumpuni dapat berfungsi sebagai pemimpin bagi suatu golongan, perusahaan, maupun organisasi.

4. Sebagai Tenaga Usahawan
Sumber daya manusia yang dapat menjadi tenaga usahawan adalah mereka yang dapat melaksanakan pekerjaan yang berhubungan dengan kemandirian dalam rangka menciptakan suatu produk baru yang bermanfaat bagi orang banyak maupun lingkungannya.

5. Berfungsi dalam Pengembangan IPTEK
Sumber daya manusia juga mempunyai fungsi utama dalam penemuan dan pengembangan ilmu sehingga dapat digunakan untuk kemajuan dirinya sendiri, lingkungan, dan orang lain termasuk perusahaan ataupun organisasi.

Pengabdian Mahasiswa Universitas Malikussaleh oleh KKN Kelompok 92 tak sampai disini. Kegiatan lainnya seperti:

1. Pelatihan pembuatan keripik dari biji durian, oleh ( *Yulia ananda siregar* )

2. Pelatihan cara pemasaran, oleh ( *Irhami* )

3. Pelatihan Pembukuan sederhana, oleh ( *Ulfa zahara* )

4. Sosialisasi perbankan, oleh ( *Leli Rahmadani* )

5. Sosialisasi tentang penggunaan dan pendaftaran merek pada produk yang di produksi oleh masyarakat meunyecut bahagia . ( *Lisa aprianti* )

6. Sosialisasi Betapa pentingnya sebuah keharmonisan keluarga, oleh ( *Iqbal Rianda* )

7. Pelatihan Koperasi, oleh ( *Abdi Yusuf* )

8. Betapa pentingnya menabung sejak dini, oleh( *Azizi Ramadhan* )

9. Pelatihan pembuatan sabun, oleh ( *Teuku Muhammad chalil Azmy* )

Berkat kerjasama dan semangat yang tulus mahasiswa/i akhirnya kegiatanpun dapat terlaksana.

Penulis mengakui sosialisasi maupun kegiatan ini masih banyak kekurangan dan kelemahan. Meskipun begitu penulis berharap sosialisasi ini dapat memiliki dampak positif terhadap cara pandang dan fikiran masyarakat setempat terhadap masa depan. Dan penulis berharap agar Pemerintah lebih memperhatikan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakatnya.

Reporter: Alga M

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *