MAS Teladan Ujung Kubu Dan SMPN 5 Limapuluh Juara Umum Jumbara PMR I PMI Batubara 2019

55

KAB. BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Madrasah Aliyah Swasta Teladan Ujung Kubu Dan SMP Negri 5 Limapuluh Juara Umum Jumbara PMR-PMI Batubara 2019

Kegiatan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) Ke 1 Palang Merah Remaja (PMR)- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batubara yang diselenggarakan di Lapangan Socfindo Perkebunan Tanah Gambus berlangsung sukses, lancar dan resmi ditutup pada Sabtu.(07/09/2019)

Pelaksanaan JUMBARA yang dilaksanakan dari tanggal 5 s.d 7 September 2019 diikuti sebanyak 500 orang peserta dan pembina PMR Mula, Madya dan Wira dari 2 sekolah Tingkat SD, 5 Sekolah Tingkat SMP dan 12 sekolah Tingkat SMA.

“Para pemenang Jumbara yang baru pertama kali diadakan ini akan mewakili Kabupaten Batubara dalam Jumbara PMR-PMI Provinsi Sumatera Utara yang akan berlangsung di Kisaran, Kabupaten Asahan 1-6 Oktober 2019 mendatang” ungkap Dr Daniel R. Butar Butar Direktur UTD PMI Kabupaten Batubara yang didampingi Ketua Panitia Wahid Iskandar Barus usai menutup kegiatan.

Dalam acara ini, kata Daniel, para peserta mengikuti kemah dan berbagai kegiatan dan pembelajaran karakter yang berkaitan dengan tema kegiatan.
Sebelumnya, Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Prima,SE yang didampingi Ketua PMI Kabupaten Batubara dr Jhon Lihar Purba,M.Kes pada saat membuka acara mengatakan Kegiatan Jumbara I PMR PMI.

Kabupaten Batu Bara mengambil tema Menempa generasi emas Batu Bara yang berkarakter dan berjiwa kemanusiaan ini bertujuan agar para anggota PMR bisa saling bekerja sama dalam berbagai lomba yang di selenggarakan oleh panitia, selain itu di jumbara juga di adakan kegiatan uji Pengetahuan kepalang merahan, pertunjukan seni dan sharing antara anggota PMR untuk menambah wawasan para anggota PMR yang ikut serta.

Selain itu ada juga kegiatan dalam bidang ilmu pengetahuan. Kegiatan Jumbara ini juga mendidik agar para peserta jumbara peduli sosial antara manusia yaitu dengan kegiatan Donor Darah yang bisa mendidik para peserta agar peduli terhadap sesama manusia.

Selain kegiatan manusiawi seperti Donor Darah, di Jumbara juga mengadakan kegiatan bersih lingkungan dengan di lingkungan sekitar, yang dapat menanamkan jiwa para peserta didik di Jumbara agar dari dini mereka peduli terhadap lingkungan sekitar.

Kegiatan Jumbara ini punya tujuan untuk membangun diri menjadi remaja atau kader bangsa yang baik. Jumbara dapat membangun diri remaja agar punya keterampilan, sifat sosial dan solidaritas yang tinggi. Jiwa Kepalang merahan haruslah dibina sejak awal
karena PMR sejak awal sudah memahami prinsip kemanusiaan, solidaritas untuk membantu sesama.

“Pesan saya ikuti dan jalankan kegiatan ini dengan sebaik baiknya dan dengan suasana gembira” Pungkasnya.
Tampil sebagai juara umum Jumbara tingkat Wira MAS Teladan Ujung Kubu, Kecamatan Nibung Hangus Sedangkan Juara Umum tingkat Madya diraih SMP Negeri 5 Limapuluh dan Tingkat Mula di raih SD 02 Limapuluh,Kecamatan Lima Puluh.

Reporter: Supriadi