Masyarakat Sipil kembali Dengungkan Pentingnya Reforma Agraria Dihadirkan Di Batubara

55

KAB. BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Pemkab Batubara kembali Didorong pada satu wacana untuk membentuk Gugus Tugas Reforma Agraria. Beberapa Bulan ini Kabupaten terlihat Pasif pada isyu ini, padalahnya isyu ini merupakan program pemerintah pusat. Kesemuannya itu adalah sebagaimana amanah Perpres 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria.
Sebagaimana Pemerintah Sudah Bentuk Tim Reforma Agraria tingkat Nasional dan Gugus Tugas Reforma Agrarianya

Dalam rangka penyelenggaraan Reforma Agraria, Tim ini bertugas untuk menetapkan kebijakan dan rencana Reforma Agraria, melakukan koordinasi dan penyelesaian konflik dalam penyelenggaraan Reforma Agraria, yang diantaranya melakukan penataan akses maupun penataan asset.

Demikian diungkapkan “Izam” sebagai masyarakat sipil yang belakangan memperhatikan arah kebijakan pemerintah di sektor Agraria.

Dikatakannya. Bahwa Dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria, yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 24 September 2018 itu jelas ikhtiarnya dan kepentingannya untuk dan atas nama keadilan bidang Agraria
Lanjut Izam, “semua uda jelas, Ini program Pemerintahan Jokowi yang di positivkan dari Program Nawacitanya, yang menjadi persoalan kan kita belum mampu melihat sektor Tanah menjadi komoditi yang betul betul berharga, marilah Kita sama sama dorong agar Pemkab. Batubara berupaya untuk membentuk Gugus Tugas Reforma Agraria di Kab. Batubara, agar petani bisa punya Tanah, Perusahaan gak Kelebihan dalam Penguasaan Tanah, dan penyelesaian konflik di Tangani dengan pendekatan yang lebih Humanis”.

Dalam Perpres ini juga disebutkan, dalam rangka membantu pelaksanaan tugas Tim Reforma Agraria Nasional dibentuk Gugus Tugas Reforma Agraria, yang berada di Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota.

Menurut Perpres ini, Gugus Tugas Reforma Agraria Tingkat Provinsi dipimpin oleh Gubernur, dan Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten/Kota dipimpin oleh Bupati/Wali Kota.

Sangat disayangkan kalau sampai detikmu ini. Pemkab Batubara tidak tanggab dengan Perpres yang jelas-jelas Sangat memihak Kepada Rakyat kecil.

Reporter: Supriadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini