Mencoblos dan Membuka Kotak Suara !! Ketua KPPS Desa Nyanggai Kecamatan Pinoh Selatan Terancam 2 Tahun Penjara

52

MELAWI, FOKUS BERITA NASIONAL.COM | Sentra Penegakan Hukum Terpadu (GAKUMDU) Bawaslu Kabupaten Melawi sedang menindak lanjuti dugaan adanya Pencoblosan dan buka kotak suara Pemilu oleh oknum petugas KPPS di Desa Nyangai khususnya di TPS 02.

Dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Melawi Johani Spd, kepada Fokus Berita Nasioanl.com, “petugas KPPS yang diduga membuka kotak suara dan pelaku pencoblosan terancam hukuman 2 tahun penjara” Ancaman pidananya maksimal 2 tahun kurungan.

Sampai hari ini kami sedang memproses sesuai dengan aturan dan mekanisme di Bawaslu. Kami langsung tindak lanjuti, investigasi dan klarifikasi. Kemudian kami kaji di Sentra GAKUMDU ,” Kata Ketua Bawaslu kab Melawi Johani.Spd kepada wartawan saat wawancara di kantor Bawaslu Melawi. Selasa (23/4/2019). pukul 21.10.

Petugas tersebut membuka kotak suara tanpa mengikuti prosedur dan SOP yang berlaku, dan diduga membiarkan oknum masyarakat untuk mencoblos surat suara, khususnya surat suara DPRD Kabupaten/Kota yang diperkirakan puluhan surat suara yang sudah tercoblos di TPS 02 Desa nyanggai Kecamatan Pinoh Selatan Kabupaten Melawi.

Namun Johani, Spd Selaku Ketua Bawaslu Kab Melawi belum bisa menyampaikan alasan petugas KPPS yang mencoblos dan membuka surat suara saat ini, sebut dia, GAKUMDU masih mendalami apakah mereka diminta oleh tim sukses Partai atau Caleg tertentu.

Lantaran kasus tersebut, dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 02 Desa Nyangai Kec Pinoh Selatan pada hari Kamis tanggal (25/4/2019) mendatang ujarnya.

Ketua KPU Kabupaten Melawi Dedi Suparjo, Spd membenarkan adanya kekeliruan dan kesalahan petugas KPPS tersebut. Masalah proses selanjutnya kita serahkan kepada Sentra GAKKUMDU (penegak hukum terpadu) pungkasnya. (ddk /red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini