Menjaga Kondusifitas Kamtibmas Pasca Pemilu, Sat Binmas Polres Melawi Berikan Penyuluhan 3 Desa Melalui Tapka

55

MELAWI, FOKUS BERITA NASIONAL.COM | Guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Wilayah Hukum Polres Melawi, Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Melawi memberikan penyuluhan kepada masyarakat Desa Mekar Pelita, Desa Meta Bersatu dan Desa Nanga Kasai Kecamatan Sayan melalui kegiatan Tatap Muka (Tapka), Senin (06/5/2019).

Dalam kegiatan Tatap Muka (Tapka) ini dipimpin langsung oleh Kasat Binmas AKP. TP. Marbun berserta anggotanya Brigadir Ngadino dan Brigadir Juliansyah, memberikan pembinaan dan penyuluhan terhadap warga masyarakat di tiga Desa yang ada di Kecamatan Sayan.

Dalam kegiatan silaturahmi bertatap muka langsung dengan warga masyarakat tersebut Sat Binmas sebagai fungsi yang dikedepankan dan menjaga harkamtibmas di Wilayah Hukum Polres Melawi menyampaikan himbauan dan pesan pesan Kamtibmas, serta mengajak warga untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban terutama dilingkungan masing – masing dan mengajak warga untuk selalu memelihara kerukunan dan persaudaraan diantara sesama warga.

“Keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat menjadi suatu hal yang sangat utama dan mendasar guna mencapai ketentraman dan kesejahteraan dalam menciptakan kondusifitas Kamtibmas diwilayah Kabupaten Melawi, ini adalah tugas kita bersama. Oleh sebab itu, warga dan aparat keamanan harus selalu bersinergi disetiap saat dan setiap waktu,” ungkap Kasat Binmas.

“Mulai saat ini, mari kita membangun kebersamaan dalam menjaga dan menciptakan kondusifitas kamtibmas, karena tanpa adanya peran serta dari seluruh warga masyarakat maka kondusifitas kamtibmas akan sangat sulit untuk diwujudkan. Kami menghimbau kepada seluruh warga untuk tidak segan-segan segera melapor kepada pihak Kepolisian apabila ada warga yang mengetahui dan melihat adanya suatu ancaman maupun gangguan Kamtibmas secara nyata dan jangan pernah dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan main hakim sendiri, utamakan musyawarah untuk mencapai mufakat yang berkeadilan,” ajaknya.

Selain itu, Kasat Binmas juga mensosialisasikan tentang “Ops Keselamatan 2019” yang berlangsung selama 14 hari kepada masyarakat. Marbun juga menghimbau tentang penggunaan senjata api tradisional jenis lantak agar masyarakat tidak lagi menggunakannya, banyak contoh yang sudah terjadi kasus salah tembak terutama di Desa Mekar Pelita Kecamatan Sayan yang menjadi tempat tatap muka ini beberapa tahun yang lalu sudah pernah terjadi kasus tersebut.

“Pasca Pemilu 2019 agar masyarakat tetap menjaga silaturami antara sesama tetangga, keluarga serta saling bekerjasama menjaga kamtibmas dilingkungannya, masyarakat agar tidak terpengaruh oleh berita hoax terkait hasil pemilu 2019 dan menunggu hasilnya dari resmi dari KPUD Kabupaten Melawi, terkait Bantuan Sosial PKH agar masyarakat Keluarga Penerima Manfaat ( KPM) dapat menggunakannya sesuai dengan peruntukannya yaitu membantu dibidang kesehatan dan pendidikan, para Kepala Desa agar mengkatifkan kembali Poskamling di Desa serta Dusunnya untuk menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif diwilayah Desanya, agar masyarakat tidak terjerumus kedalam penyalahgunaan Narkoba, serta tidak menjadi korban atau pelaku dari suatu tindak kejahatan dan terakhir sebentar lagi menjelang bulan Ramadhan 1440 H, kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat Islam yang melaksanakannya,” tutup Kasat Binmas.

Sementara itu, Kapolres Melawi AKBP. Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si menyapaikan apresiasinya atas pelaksanaan tatap muka (Tapka) dari Sat Binmas dalam rangka menjaga kondusifitas paska Pemilu 2019.

“Dengan berdialog bersama warga selain dapat memberikan himbauan kamtibmas secara langsung, kegiatan tersebut juga sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. Serta diharapkan akan tetap terciptanya situasi keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat Kabupaten Melawi pasca Pemilu, masyarakat bersatu kembali dalam satu rumpun kebhinekaan dan tali silaturahmi terjalin kembali,” tegas Kapolres.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kades Mekar Pelita, Kades Meta Bersatu, Kades Nanga Kasai, Kanit Binmas Polsek Sayan Bripka Agrece Yulian, A. Md, para perangkat Desa Mekar Pelita, Masyarakat Desa Mekar Pelita, Desa Meta Bersatu, Desa Nanga Kasai dengan jumlah peserta kegiatan keseluruhan yang hadir sebanyak 120 orang.

(Didik Purnomo.SH biro melawi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini