Menyambut HUT Bhayangkara ke 73, Empat Anggota Polres Karawang Mendapat Satya Lencana

60

KARAWANG, FOKUS BERITA NASIONAL | Puncak Peringatan Hut bhayangkara ke 73 Kepolisian Resort Karawang di Lapangan Kecamatan Kotabaru, Karawang. Rabu (10/07/19).

Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurachadiana bertindak sebagai Inspektur Upacara, Dalam sambutannya Bupati Karawang mengatakan, “Kegiatan yang kita laksanakan ini mengandung makna bahwa jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan salah satu pesyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dan daerah yang didukung oleh tegaknya hukum serta terbinanya kemampuan untuk mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam mencegah, menangkal dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk gangguan-gangguan lainnya”,imbuhnya.

Oleh karena itu, upaya pelaksanaan serta pemeliharaan keamanan dan ketertiban, sudah merupakan suatu kewajiban yang harus kita tingkatkan secara berkesinambungan, di antaranya melalui penyelenggaraan tugas kepolisian yang meliputi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakkan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, dibantu oleh masyarakat itu sendiri serta didasari dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, sebagaimana ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Pemberlakuan undang-undang tersebut, berimplikasi pada paradigma sistem ketatanegaraan yang menegaskan pemisahan kelembagaan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing, sehingga diharapkan dapat memberikan penegasan watak kepolisian negara republik indonesia sebagaimana dinyatakan dalam tri brata dan catur prasetya sebagai sumber nilai kode etik kepolisian yang mengalir dari falsafah Pancasila”,ucap Bupati

Lanjutnya, “Melalui momentum peringatan hari Bhayangkara ini hendaknya dijadikan sebagai media untuk lebih memantapkan niat dan itikad seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia untuk mensukseskan pelaksanaan program yang akan dan sedang ditempuh pada Tahun 2019 ini.

Karena harus kita sadari dan kita yakini, perwujudan profesionalisme Polri membutuhkan upaya komprehensif serta berkesinambungan dan yang terpenting adalah dukungan serta good political will aparat kepolisian itu sendiri untuk mau dan mampu memposisikan diri sesuai dengan tuntutan dan perkembangan situasi serta kondisi dengan senantiasa didasari norma hukum, norma agama, kesopanan, kesusilaan, serta menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Terakhir, “Dalam kesempatan ini kiranya perlu Saya sampaikan bahwa apabila kita mencermati situasi dan kondisi akhir-akhir ini, begitu banyak fenomena yang terjadi di masyarakat, baik dalam level kedaerahan maupun skala nasional bahkan internasional, khususnya menyangkut keamanan dan ketertiban masyarakat dalam kaitan dengan maraknya kerusuhan massal, kasus-kasus intoleransi, terorisme, radikalisme, dan lain-lain maka kiranya peningkatan pencegahan dan pemberantasan semua fenomena tersebut, sudah merupakan suatu tuntutan yang harus segera dilaksanakan, yang salah satunya dapat dilakukan melalui jalinan kerjasama dan koordinasi, baik dengan pemerintah daerah, masyarakat, maupun dengan mitra Polisi lainnya”,ungkapnya

Bupati juga sempat menyematkan kepada 4 orang anggota Polres Karawang berupa Satya Lencana Pengabdian selama bertugas. Keempatnya merupakan anggota terbaik selama bertugas di Polres Karawang dengan pengabdian lebih dari 10 Tahun. pungkasnya.

Reporter: A. Rachmat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini