09/25/2022
Post Visitors:35
Ya, kita minta agar Dishub dan juga Satlantas Polres Pelalawan dapat segera menertibkan kendaraan yang ngetam di badan Jalan Sultan Syarif Hasyim tepatnya didepan ruang publik keratif (RPK). Pasalnya, kendaraan ini jelas sangat membayakan pengguna jalan akibat menyempitnya ruang gerak lalulintas,” kata Asep , salah seorang pengedara sepeda motor yang melintas dijalan depan RPK kepada Media ini, Jumat (26/3).

FBN – Pelalawan || Warga masyarakat Pangkalan Kerinci resah meminta agar Dinas Perhubungan (Dishub) Pelalawan serta Polisi Lalulintas (Polantas) Polres Pelalawan dapat segera menertibkan kendaraan bermotor yang parkir dibadan Jalan Sultan Syarif Hasyim tepatnya didepan ruang publik keratif (RPK). Pasalnya, kendaraan bermotor yang ngetam di jalur pada aktivitas kendaraan ini, sangat membahayakan para pengguna jalan apa lagi disore hari banyak orang joging diseputaran jalan tersebut

“Ya, kita minta agar Dishub dan juga Satlantas Polres Pelalawan dapat segera menertibkan kendaraan yang ngetam di badan Jalan Sultan Syarif Hasyim tepatnya didepan ruang publik keratif (RPK). Pasalnya, kendaraan ini jelas sangat membayakan pengguna jalan akibat menyempitnya ruang gerak lalulintas,” kata Asep , salah seorang pengedara sepeda motor yang melintas dijalan depan RPK kepada Media ini, Jumat (26/3).

Dikatakan lagi, setiap harinya khususnya mulai sore hingga malam, puluhan kendaraan bermotor tampat terlihat terparkir dibadan Jalan Sultan Syarif Hasyim. Sedangkan para pengemudi dan penumpang kendaraan tersebut, tampak bergerak menuju ruang publik kreatif (RPK) untuk membawa keluarga rekreasi atau bermain. Hanya saja, para pemilik kendaraan yang memarkirkan kendaraan mereka dibadan jalan ini, tidak memikirkan dampaknya bagi pengguna jalan.

“Tentunya kondisi membahayakan para pengguna jalan yang melintasi daerah tersebut. Apalagi jalan tersebut merupakan jalan alternatif bagi warga dari luar daerah menuju Pekanbaru ataupun Rengat Kabupaten Inhu. Dan tentunya sangat berpotensi menyebababkan terjadinya kecelakaan lalulintas (Lakalntas). Jadi, sebelum permasalahan ini memakan korban jiwa, maka kami meminta dan mendesak agar Dishub dan juga Satlantas dapat segera menertibkan kendaraan yang parkir sembarangan dibadan Jalan padat aktivitas kendaaran tersebut,”jelasnya

Dari pengamatan disepanjang Jalan Ibukota Pangkalan Kerinci, khususnya Jalan Sultan Syarif Hasyim, tidak ditemukan adanya rambu-rambu lalulintas. Padahal, rambu-rambu ini sangat penting sebagai salah satu penunjang keselamatan dijalan raya.

“Sudahlan kendaraan yang parkir dibadan jalan tidak ditertibkan, rambu-rambu pun tidak ada. Makanya pengemudi kendaraan sesuka hati saja memarkirkan kendaraan dibadan jalan karena tidak adanya rambu larangan. Untuk itu, kami meminta agar pihak-pihak terkait dapat segera merealisasikan keluhan para warga pengguna jalan. Sehingga tidak membahayakan keselamatan kami,” bebernya.

Menanggapi hal tersebut, Kasat Lantas Polres Pelalawan AKP Teguh Wiyono ketika ditemui tidak menampik keluhan para pengguna jalan, yakni banyaknya kendaraan yang parkir sembarangan memakan badan jalan, khususnya di depan RPK. Namun demikian, pihaknya hanya bisa melarang karena minimnya rambu-rambu lalulintas yang ada. Sedangkan kelengkapan rambu-rabu lalulintas ini, merupakan kewenangan Dinas Perhubungan (Dishub) Pelalawan.

“Kami cuma bisa melarang saja karena sangat minimnya rambu-rambu di Jalan depan RPK ini. Dan jika dilokasi ini ada rambu-rambu khususnya rambu larangan parkir kendaraan, maka kendaraan itu tidak hanya kami tertibkan, tapi juga pasti akan kami tilang,” ujarnya.

Hanya saja, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pelalawan, Drs H Syafruddin MSi, masih belum memberikan jawaban setelah dikonfirmasi melalui selulernya dinomor Meski dalam keadaan aktif, namun tidak diangkat.(Sur)

%d blogger menyukai ini: