02/02/2023
Beranda » Miris..!! Limbah Medis B3 RSUD Karawang Dibuang Sembarangan Tanpa Safety

FBN – KABUPATEN KARAWANG | Kembali ditemukan kejanggalan di RSUD Kabupaten Karawang, kali ini bukan dari pelayanan yang di keluhkan pasien namun ditemukannya limbah medis B3 yang di taro di tempat sembarangan.

Itu dituangkan oleh Anwar Sholeh salah satu keluarga pasien yang sedang menunggu istrinya yang sedang di rawat inap di RSUD Karawang, saat sedang menunggu diruang bayi dirinya melihat ada plastik dan kardus yang seperti sampah.

“Awalnya saya kira sampah, pas dideketin ternyata jarum suntik bekas yang ada di kardus kuning menumpuk, rupanya itu limbah medis B3 RSUD yang ditaro hanya begitua saja”. Terangnya Kepada awak media. Rabu (12/08/2020).

Dirinya merasa heran, kenapa pihak RSUD membuang atau menaruh limbah medis jenis B3 itu di sembarang tempat tanpa adanya safety sama sekali, menurutnya bisa saja ada anak kecil yang mengambil untuk jadi bahan mainan dan itu sangat membahayakan bagi pengunjung.

“RSUD yang merupakan RS pemerintah Kabupaten Karawang, bisa dinilai sembrono dalam menaruh limbah medis seperti bekas Jarum suntik yang numpuk seperti itu, lalu kenapa pihak Pemerintah Kabupaten Karawang dan Dinas yang terkait membiarkan itu terjadi, apakah tidak adanya pengawasan dari Pemkab Karawang.” Tanyanya Anwar Soleh yang merupakan ketua L-KPK di Kabupaten Bekasi.

Menurutnya RSUD ini seharusnya menjadi RS teladan bagi RS swasta yang ada di Kabupaten Karawang, namun ini malah sebaliknya dari pelayanan yang mengecewakan dengan menyuruh keluarga pasien membeli obat sendiri di apotik eh limbah bekas Jarum suntik juga barunya seenaknya, bukankah sudah ada aturan terkait pengelolaan bekas limbah medis RS, ko ini tidak tertata dan tidak safety sama sekali ya.”Keluhnya Anwar Soleh.

Mendapatkan informasi itu dengan bukti video, awak media terus mendalami Informasi lebih jelasnya kepada pihak RSUD Kabupaten Karawang, saat ditemui Ruhimin selaku kepala Humas mengatakan.

“Untuk limbah medis itu sebetulnya sudah kerjasama oleh pihak ke tiga, kita bagian Humas juga tidak keseluruhan mengecek lingkungan RSUD, karena dari pihak RS sudah menyerahkan kepihak ketiga.” Ucapnya Ruhimin saat dikonfirmasi diruang Humas, Kamis (13/08/2020).

Menurutnya untuk penanggung jawab itu sudah ada kepala instalasinya dari pihak RS, untuk penanganan limbah medis itu adanya di K3 jika memang lebih jelasnya maka akan jadwalkan untuk ketemu dengan kepala Instalasinya.”

“Kami pihak Humas tidak bisa memberikan statement apapun karena khawatir salah, karena memang sudah ada penanggung jawab langsung (K3), justru saya bersyukur adanya informasi seperti ini agar masyarakat juga tau karena RSUD ini RS pemerintah yang merupakan pelayanan publik.”Terangnya.

Dirinya mengakui setelah melihat video tersebut, bahwa memang limbah medis seperti bekas suntikan itu tidak seharusnya di taru ditempat yang tidak safety dan sembarang tempat.

“Bukan hanya itu seperti impusan juga harusnya terkumpul di satu tempat yang sudah di khususkan untuk medis jadi tidak sembarangan, karena memang itu sudah ada ketentuan jadi kantong juga tidak sembarangan.” Pungkasnya Kepala Humas RSUD Kabupaten Karawang.

Reporter : (**Tif)

You cannot copy content of this page

%d blogger menyukai ini: