01/31/2023
Beranda » Misi Kemanusiaan BNPB Dalam Mitigasi Bencana, Tanam 1000 Pohon di Pariaman

FBN – PARIAMAN || Walikota Pariaman Dr. H. Genius Umar, S.Sos., M.Si. dan Direktur Mitigasi Bencana BNPB Johny Sumbung, SKM., M.Kes membuka kegiatan penanaman 1.000 pohon pinago di pesisir pantai Kota Pariaman, kegiatan ini merupakan salah satu wujud komitmen bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat dalam mengemban misi kemanusiaan sebagai bagian dari implementasi kegiatan mitigasi struktur partisipatif terhadap tsunami dan abrasi di kawasan pesisir pantai Kota Pariaman.

Didukung oleh BPBD Provinsi Sumatera Barat, BPBD Kota Pariaman, TNI dan OPD di Kota Pariaman, Penanaman Bibit pohon Pinago hari ini diperoleh dari pembibitan yang telah dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah daerah melalui BPBD Kota Pariaman, TNI dan Dinas Pertanian Kota Pariaman.Kota Pariaman berada di pesisir pantai yang memiliki lokasi wisata pantai yang sangat indah sekaligus ancaman bencana gempa, tsunami dan abrasi yang tinggi. Upaya penghijauan sebagai sabuk hijau bertujuan menguragi potensi risiko bencana tsunami dan abrasi.

Dari data sejarah, peristiwa tsunami pernah terjadi di daerah-daerah yang berada di kawasan pesisir. Tsunami terjadi tanpa dapat diperkirakan kapan terjadinya. Oleh sebab itu mitigasi terbaik untuk menghadapi tsunami adalah menanam tanaman yang cocok di pinggir pantai.Sementara Direktur Mitigasi Bencana BNPB, Johny Sumbung mengatakan, “ Dari data sejarah, peristiwa tsunami pernah terjadi di daerah-daerah yang berada di kawasan pesisir. Tsunami terjadi tanpa dapat diperkirakan kapan terjadinya.Oleh sebab itu mitigasi terbaik untuk menghadapi tsunami adalah menanam tanaman yang cocok di pinggir pantai.

Harapan saya, seluruh pihak baik pemerintah dan masyarakat dapat terus menjaga kelestarian fungsi dan keharmonisan lingkungan, demi anak cucu generasi penerus kita dan demi Indonesia tangguh bencana,” saat diwawancari awak media FBN.Pewarta : Leny

You cannot copy content of this page

%d blogger menyukai ini: