Bangunan Gedung AKN Batubara Menelan Anggaran Rp 2.8 M Bersumer Dari DAK 2017 Terbengkalai

55

BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Meski menghabiskan anggaran mencapai Rp 2,8 miliar namun proses pembangunan gedung Akademi Komunitas Negeri (AKN) Batubara hingga kini tak kunjung usai.

Pantauan wartawan dilapangan, Selasa (9/7/19), bangunanan permanen yang terletak di Desa Guntung, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara ini terbengkalai dalam kondisi bangunan yang diprediksi baru sekitar 50 persen.

Selain penempatan lokasinya yang dinilai kurang strategis, program pembangunan sarana pendidikan yang dikelolah Dinas Pendidikan Kab Batubara tahun 2017 tersebut diduga tidak disertai perencanaan matang sehingga terindikasi adanya kepentingan oknum-oknum tertentu untuk mencari keuntungan.

Di lokasi tampak 2 unit bangunan didirikan di tengah-tengah hutan mangrove dipesisir pantai berlumpur yang diduga tanpa pematangan lahan dengan baik. Satu unit bangunan tampak sudah beratap sedangkan bangunan lain masih pada proses pemasangan batu bata. Tidak lagi terlihat adanya aktifitas pembangunan lanjutan pada gedung yang nyaris diselimuti rerumputan tersebut.

Letak bangunan juga tergolong jauh dari pemukiman masyarakat, begitu juga akses jalan menuju lokasi sukar dilalui karena licin dan berlumpur.

Sejauh ini belum tampak penanganan yang dilakukan Pemkab Batubara melalui dinas terkait sehingga bangunan yang menghabiskan dana sekitar Rp 2,8 m bersumber dari DAK 2017 tersebut terkesan sia-sia.

Reporter: Supriadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini