Operasi Keselamatan Polres Melawi, Berikan Pendidikan Edukasi Keselamatan Kepada Pelajar, Pelanggar Lalu Lintas Dengan Membersihkan Sampah

53

MELAWI, FOKUS BERITA NASIONAL.COM | Kecelakaan lalu lintas (Lalin) tidak lepas dari kurangnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, hal ini pula yang menyebabkan angka kecelakaan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tingginya Angka kecelakaan ini juga dibarengi dengan tingginya pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, dan parahnya lagi, rata-rata pelanggaran banyak didominasi kalangan remaja dan pelajar.

Terlihat jelas pada saat Personil Sat Lantas Polres Melawi melaksanakan “Operasi Keselamatan Kapuas 2019”, banyak sekali didapati para pelajar dibawah umur yang sebetulnya belum mendapatkan surat ijin mengemudi (SIM) sudah mengendari kenderaan sendiri dijalan raya, Sabtu (04/5/2019) pagi.

Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si melalui Kasat Lantas AKP Aang Permana, S.I.P., M.A.P menyampaikan “Para pelajar yang belum memiliki surat ijin mengemudi (SIM) masih berstatus dibawah umur ini, kita tidak melakukan penilangan. Namun kita berikan pendidikan edukasi keselamatan, teguran tertulis hingga membersihkan sampah di seputaran lapangan kuliner Nanga Pinoh. Tujuannya untuk memberikan efek jera sekaligus memberikan pemahaman tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas bagi pelajar dibawah umur ini agar tidak lagi mengenderai kenderaan sendiri apabila belum memiliki surat ijin mengemudi (SIM),” tuturnya.

“Sosialisasi tentang Lalin memang sudah gencar kita laksanakan terhadap kalangan pelajar dengan berkunjung langsung Kesekolahan, karena rata-rata usia pelajar ini memang kurang sadar dengan pentingnya menaati aturan Lalu Lintas. Bahkan sering ditemukan pula yang melakukan aksi balapan liar masih berstatus pelajar, makanya sosislisasi untuk pelajar kita prioritaskan. Tujuannya, untuk tetap terciptanya Keamanan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu-lintas (Kamtibcarlantas) di Kota Juang ini, menekan angka laka lantas dikalangan pelajar,” ungkapnya.

“Satuan Lalu Lintas Polres Melawi, sebagai ujung tombak pelaksana tugas lalu-lintas di lapangan dalam memberikan informasi penyuluhan dan Dikmas Lantas kepada semua masyarakat termasuk para pengguna jalan raya untuk selalu meningkatkan disiplin serta mematuhi aturan berlalu-lintas, sehingga bisa diminimalisir jumlah pelanggaran dan laka lantas di wilayah hukum Polres Melawi,” tutur Aang.

Aang menekankan salah satu tugas Sat Lantas adalah memberikan pendidikan lalu-lintas yang meliputi segala usaha untuk menumbuhkan pengertian, dukungan dan keikutsertaan masyarakat aktif dalam usaha menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu-lintas.

“Dengan kegiatan preemptif yang beredukasi ini diharapkan dapat menjadikan para pelajar ini ikut berpartisipasi dalam menaati hukum berlalu-lintas serta patuh pada perundang-undangan khususnya bidang lalu lintas,” jelasnya.

“Sangat diharapkan peran serta seluruh masyarakat selaku orang tua para pelajar yang masih berstatus anak-anak dibawah umur belum memiliki surat ijin mengemudi (SIM), agar tidak dimanjakan dengan membelikannya motor sendiri dan tanpa diberikan pemahaman pentingnya keselamatan berlalu lintas serta tanpa pengawasan yang baik dari orang tua. Jangan sampai menyesal setelah nasi menjadi bubur,” tegasnya.

(Didik Purnomo.SH biro melawi)