Optimalkan Program Prioritas Kapolri Tahun 2021, Polda Banten Hadiri Zoom Meeting

8

FBN – BANTEN || Dalam rangka terlaksananya Program Prioritas Kapolri dengan Konsep Transformasi Menuju Polri yang Presisi, Kapolda Banten menghadiri zoom meeting pimpinan Wakapolri terkait program prioritas kapolri 2021-2024 di Ruang Video Conference, Kamis (04/03/2021).

Pada kesempatan tersebut di ikuti oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol. Drs. Ery Nursatari, Irwasda Polda Banten Kombes Pol Ady Suseno dan Pejabat Utama Polda Banten.

Wakapolda Banten Brigjen Pol. Drs. Ery Nursatari menjelaskan terkait penjabaran program prioritas Kapolri tahun 2021 diantaranya, Kita ketahui konsep tranformasi presisi yaitu tranformasi menuju Polri yang Prediktif, Responsibilitas, Transparasi Berkeadilan yang diperkenalkan sebagai Polri yang Presisi.

“Transformasi menuju Polri yang Presisi hadir melalui penekanan pada upaya pendekatan pemolisian yang prediktif,” jelasnya.

Ia mengungkapkan dalam hal ini prediktif diimplementasikan dalam model pemolisian prediktif atau predicitive policing yang mengedepankan kemampuan untuk memprediksi situasi dan kondisi yang menjadi isu dan permasalahan serta potensi gangguan kamtibmas. Road map transformasi Polri terdiri dari transformasi organisasi, transformasi operasional, transformasi pelayanan publik, dan transformasi pengawasan.

“Sedangkan untuk tahap implementasi terdiri dari 16 program prioritas dan 51 kegiatan yang disesuaikan dengan struktur anggaran Polri dan Renstra Polri S.D. 2024. Dalam hal ini terdir dari 2 tahapan diantaranya tahap I 100 hari pertama, tahap II pada tahun 2021-2022, dan tahap III pada tahun 2023-2024,” ujarnya.

Untuk mewujudkan pencapaian dalam tahap I (program 100 hari), tahap II, dan tahap III secara lengkap akan dibentuk tim yang bertugas menjabarkan, mengimplementasikan, mengawasi, dan mengevaluasi yang dipimpin oleh Wakapolri dengan dibantu Irwasum Polri.

“Sedangkan untuk transformasi organisasi terdiri dari 4 program prioritas diantaranya penataan kelembagaan, perubahan sistem dan metode organisasi, menjadikan SDM Polri yang unggul di era Police 4.0, dan perubahan teknologi kepolisian modern (Police 4.0) . Dan untuk program penekanan 100 hari Kapolri terdiri dari 16 program penekanan 100 hari Kapolri,” pungkasnya.

(Syarifuddin)
Sumber : Bidhumas