Organisasi Jurnalis di Kabupaten Batubara, Segera di Bentuk

54

KAB. BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Dalam upaya menjawab tantangan pada era digitalisasi yang berbasis elektromedia, sejumlah penggiat jurnalistik online dan wartawan media cetak lokal di kabupaten Batu Bara mewacanakan akan membentuk sebuah wadah organisasi khusus bagi wartawan setempat.

Menurut Sultan Aminuddin alias Ucok Kodam, salah seorang penggagas yang juga merupakan reporter media online nasional bahwa tujuan utama pembentukan organisasi jurnalis lokal ini adalah dalam rangka upaya mempererat silaturahmi antar sesama wartawan lokal.

Lebih lanjut dijelaskan Ucok, keberadaan organisasi lokal juga dimaksudkan guna meningkatkan soliditas serta menjaga kekompakakan antar sesama penggiat jurnalistik di Batu Bara, Rabu (31/7/2019).

“Saya harap wadah atau organisasi lokal Batubara yang akan terbentuk nantinya bisa menjadi fasilitator dalam upaya peninggkatan profesionalisme para wartawan khususnya di kabupaten Batubara ini”, bilang Ucok Kodam.

“Selama ini harus kita akui bahwa sebagian wartawan masih bersikap individulistik, mudah dipecah belah. Padahal itu sangat merugikan wartawan itu sendiri, contohnya bila ada pemberitaan yang bersifat kritik. Bisa saja nantinya dituding ‘Hoax’ atau melanggar UU ITE. Tapi kalau ada lebih dari 5 media yang menyoroti suatu penyimpangan, maka tudingan itu bisa berbalik dan mentah”, pungkasnya.

Kemudian Ucok Kodam pun sangat berharap agar wartawan di kabupaten Batubara kedepan bisa senantiasa guyub (Kompak) dan tidak bersikap Ego-centris. Oleh sebab itu ia menghimbau agar pada Kamis (1/8/2019) pukul 14.00 wib di Cafe Khusi Dhakar, dapat dihadiri oleh segenap jurnalis yang sengaja telah diundang.

“Semoga organisasi ini nantinya bisa pula menjadi inisiator untuk MoU (kesepakatan) dengan stackholder, agar wartawan diberi keleluasaan dalam hal fungsi pengawasan (kontrol sosial). Artinya bahwa organisasi ini siap menjadi mata telinga kepada pemerintah daerah maupun institusi lain sebagai mitra organisasi”, harapnya bersemangat.

Reporter: Supriadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini