Pamsimas III KKM Desa Kertasari “Tirta Wangi” Mulai Tahap Pelaksanaan Pengeboran Sumur Dalam

1
Ahmad Kurtubi biasa di sapa kang rawing selaku Satuan pelaksana ( Satlak ) Menyampaikan ada tiga Desa yang mendapatkan program Pamsimas ini yang ada di kecamatan Rengasdengklok diantaranya Desa Kertasari, Karyasari dan Desa Kalangsurya.

FBN – Karawang || Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Kertasari” TIRTA WANGI ” mulai tahap pelaksanaan Pengeboran Sumur Dalam yang Bertempat di Dusun Karajan A Rt.001/ Rw.001 Desa Kertasari Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang, Rabu ( 7/4/2021).

Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ( PAMSIMAS) merupakan program untuk mencukupi air bersih di wilayah Desa Kertasari mengingat jika musim kemarau banyak sumber sumur dangkal yang kering. Dengan dibuatkannya Pamsimas III ini semoga masyarakat Desa Kertasari tidak akan kekurangan air bersih di musim kemarau.

Ahmad Kurtubi biasa di sapa kang rawing selaku Satuan pelaksana ( Satlak ) Menyampaikan ada tiga Desa yang mendapatkan program Pamsimas ini yang ada di kecamatan Rengasdengklok diantaranya Desa Kertasari, Karyasari dan Desa Kalangsurya. Dan untuk menjelaskan kepada masyarakat bahwa pamsimas itu kita mengelola air bersih berbasis masyarakat jadi kita kembalikan lagi kemasyarakat, seperti nantinya pun masalah harga perkubiknya pun kembali lagi ke masyarakat sesuai dengan kemampuan dari masyarakat.

Kita adakan musyawarah dulu seperti apa, yang penting saat ini terwujud dulu, tapi antusias masyarakat alhamdulillah banyak gitu airnya yang kuning, emang banyak yang bertanya gimana masalah harganya ini, tergantung pemakaian dari kita hemat air bersih sesuai dengan yang di canangkan oleh pemerintah, dan untuk Pelaksanaanya saat ini kan baru tahapan pengeboran sumur aja belum selesai.

” kita dengan kedalaman itu hasil geolistik itu dikisaran 70 sampai 100 M, mangkanya diambilnya di 90 ini juga belum tentu airnya kena atau tidaknya,” ucap Ahmad Kurtubi selaku Satlak Pamsimas.

Ia berharap insya allah mudah mudahan kita kan tujuannya dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat lagi, dari hasil nanti iurannya juga dari masyarakat oleh masyarakat kita ingin menghidupkan kembali seperti adanya paud, disamping ini tidak dimanfaatkan kita manfaatkan untuk yatim piatu.” insya allah dari planing saya pribadi, dan terus kedepannya kita membentuk seperti Corporate Sosial Responbility (CSR) buat ada bencana apa. dari masyarakat oleh masyarakat kembali lagi kemasyarakat,” tutup Ahmad Kurtubi.

Disisi lain menurut warga setempat yang enggan disebutkan namanya mengatakan, saya sih mungkin merasa terbantulah dari air bersih ini nantinya dengan adanya Pamsimas ini,” ya mudah mudahan untuk langkah kedepannya, masyarakat dusun karajan A ini bisa saling merawat dan kerjasamanya adanya program Pamsimas ini,” pungkasnya.
(Hrdn).