Pasca Kabut Asap, Penderita ISPA Meningkat Di Batubata

62

KAB. BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Pasca Kabut Asap
Penderita ISPA Meningkat Di Batubata.
Demikian diungkapkan
Dokter Buang Suardi Kabid P2M Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara.

“Terjadi peningkatan yang cukup lumayan besar untuk kasus Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Kabupaten Batubara, bahkan didominasi pasien yang terkena anak-anak, terutama dalam seminggu ini yang disebabkan kabut asap yang menebal.

“secara lengkap datanya belum masuk semua, setiap data pasien yang sakit baru masuk dari setiap pukesmas di Kabupaten Batubara setiap awal bulan, namun secara lisan dan laporan penyakit ISPA meningkat dan kebanyakan terkena anak anak”, bebernya kepada Wartawan, Kamis. (19/9/2019) di kliniknya

Menurutnya, Serangan kabut asap yang disinyalir dampak kebakaran hutan atau Karhutla di Propinsi Riau dan Sumatera Selatan yang semangkin hari semangkin kian menebal di Kabupaten Batubara, bahkan kabut asap tersebut menyebabkan meningkatnya penderita penyakit Ispa terhadap Anak-Anak.

Pantauan Wartawan dilokasi, kabut asap tak hanya mengubah suhu udara, kemunculan kabut asap ini juga mengganggu jarak pandang serta membuat langit seperti mendung.

Sementara itu Yogi (25) Salah seorang warga dikabupaten Batubara mengaku dampak dari kabut asap sangatlah mengganggu saluran pernafasan hingga terasa sesak dan dimata sangatlah perih.

Yogi berharap agar kabut asap dampak dari kebakaran hutan di Riau dan Sumatera Selatan dapat segera diatasi.

“Sebaran asap mengkhawatirkan, hingga kini kabut asap tersebut masih menyelimuti Kabupaten Batubara dan belum ada tanda-tanda bakal menghilang,” cetusnya.

Reporter: Supriadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini