PDAM Tirta Baghasasi Bekasi, Paparkan Pengelolaan Kepada DPRD Kota Samarinda Kaltim

51

BEKASI, FOKUS BERITA NASIONAL | Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD Kota Samarinda Kalimantan Timur, melakukan study banding ke PDAM Tirta Baghasasi Bekasi yang bertujuan untuk menngetahui penyertaan modal serta sistem pengelolaan yang sudah dijalankan oleh PDAM yang dimiliki oleh Pemerintah Kota dan Jabupaten Bekasi tersebut.

Dalam kunjungannya itu, ketua Badan Legislasi Daerah DPRD Kota Samarinda Kalimantan Timur, Jasno dan Chamdani dari PDAM Tirta Kecana Samarinda menuturkan bahwa, selain ingin mengetahui sistem pengelolaan yang ada di PDAM Tirta Bagahsasi Bekasi pihaknya juga ingin mengetahui secara detail rancangan Peraturan Daerah yang diterapkan.

“Study banding ini tentunya penting untuk diadopsi di PDAM Kencana Samarinda.” Ujar Jasno yang turut bersama rombongan (11/7/19)

Sementara itu, Direktur utama PDAM Tirta Baghasasi Bekasi, Usep Rahman Salim menjelaskan, mengenai Perda telah ditetapkan oleh dua Pemerintah Daerah yakni Kota dan Kabupaten Bekasi yang selanjutnya dua Pemda turut melakukan penyertaan modal ke PDAM guna meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat di wilayah Bekasi.

“Ini merupakan bukti kepedulian Pemerintah terhadap ketersediaan air bersih.” Kata Usep dihadapan para rombongan.

Dilain hal lanjut Usep status PDAM Tirta Bagahsasi Bekasi sejauh ini masih berbentuk Perusahaan Daerah sebagaimana peraturan pemerintah nomer 54 tahun 2017 yakni status PDAM harus berupa perusahaan umum atau perseroan terbatas daerah.

“Saat ini PDAM Tirta Bagahsasi Bekasi juga tengah dalam proses pemisahan antara dua Pemda sebagai pemilik.” Papar Usep

Diketahui pelanggan PDAM Tirta Baghasasi Bekasi di Kota dan Kabupaten Bekasi mencapai 270 ribu, 240 ribu pelanggan merupakan aktif, sedangkan 30 ribu pelanggan non aktif yang kesemuanya diperkirakan mampu melayani 5 juta jiwa penduduk.

Reporter: Jhon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini