Pemkab Bekasi Tidak Miliki Sarana Pendidikan Sekolah Luar Biasa, “Kaum Difabel Terabaikan”

58

FOKUS BERITA NASIONAL I KABUPATEN BEKASI – Menyikapi persoalan Penyandang Disabilitas, Ketua Satuan Mahasiswa (SATMA) Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi Kabupaten Bekasi. Nashrullah angkat bicara, Para penyandang disabilitas di Kabupaten Bekasi, cukup tinggi, namun dalam hal ini Pemerintah Daerah terkesan tutup mata terhadap penyandang disabilitas.

Kebutuhan untuk memanusiakan kaum disabilitas, dan memberikan kesamaan hak atas pendidikan dan lapangan pekerjaan cukup banyak. Disebutkan, kaum difabel usia 0 sampai 17 tahun membutuhkan Sekolah Khusus. Sementara ini, di Kabupaten Bekasi, tidak memiliki Gedung Sekolah Luar Biasa (SLB). Padahal kaum disabilitas, tersebar hingga ke pelosok desa di Kabupaten Bekasi.

Selain difabel antara usia 0 sampai 17 tahun, Pemerintah Kabupaten Bekasi tidak pernah memberikan pelatihan dan pendidikan serta lapangan pekerjaan, kepada kaum disabilitas usia 18 sampai 35 tahun. Kami berharap Pemerintah Kabupaten Bekasi, dapat memperhatikan masa depan dan nasib bagi penyandang disabilitas.

Dengan menyiapkan sarana pusat pendidikan, pelatihan kerja dan lapangan pekerjaan. Kalaupun tidak, Pemerintah mau memberikan bantuan permodalan agar kaum difabel bisa mendapatkan penghasilan sendiri, tanpa bergantung kepada orang lain, karena dapat mandiri sesuai dengan kempuan dan keahliannya. Jangan sampai terkesan menganaktirikan penyandang keterbatasan fisik di Kabupaten Bekasi. Padahal, mereka ingin disejajarkan dengan warga normal pada umumnya.

“Selama ini ada bantuan berupa kaki palsu, tangan palsu, dan alat pendengeran. Tetapi bukan berasal dari Pemerintah, melainkan dari pihak swasta yang peduli kepada kaum disabilitas” Sementara ini hasil pantauan kami dari berbagai sumber, sebanyak 30% difabel usia dini yang mengenyam pendidikan Sekolah Luar Biasa (SLB) milik Pemkab Karawang berasal dari Kabupaten Bekasi. ujar Nashrullah. (Tc Kusumah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini