KAB. BEKASI, FOKUS BERITA NASIONAL.COM | Dikatakan Pengamat Politik Bagong Suyoto, Viral Ucapan Selamat, “Padahal KPU belum Menetapkan Caleg Terpilih”. Menurut analisa saya ucapan terpilih salah satu Caleg Kabupaten Bekasi itu, mungkin didasari rasa senang yang luar biasa, bisa juga yang memberikan ucapan selamat ingin membesarkan hati kawan atau koleganya. Rabu (29/5/2019).

Tetapi waktunya belum tepat, ia terlalu cepat memberikan ucapan selamat. Semestinya harus berhati-hati dan seksama meskipun maksudnya baik, bisa diartikan sebagai lelucon yang menggelikan. Karena prosesnya belum selesai.

Dalam penetapan dan peresmian Caleg DPRD Kabupaten Bekasi, mestinya taat sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang ada. Kemudian peresmian Caleg DPRD itu ada dasar hukumnya. Pijakan hukum merupakan legalisasi dan pengakuan yang syah terhadap Caleg menjadi legislatif atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Jika semuanya sudah beres, termasuk penanganan perselisihan di Mahkamah Konstitusi selesai, baru KPU akan mengumumkan semua Caleg yang terpilih, dan selanjutnya diresmikan. Pasti publik sebagian sudah tahu pengetahuan tentang konteks ini.

Komisioner KPU Kabupaten Bekasi, saat dikonfirmasi awak media Fokus Berita Nasional.com, Rabu (29/5/2019). Abdul Haris mengatakan, KPU sampai saat ini belum menetapkan Kursi dan menetapkan Caleg terpilih, karena terkait adanya gugatan ke Mahkamah Konstitusi MK. Pasalnya, keputusan MK bisa keluar pada tanggal 6 sampai tanggal 14 Agustus 2019. “Kami (KPU) bisa menyampaikan penetapan Kursi pada Caleg itu setelah keputusan MK.

Dijelaskan Haris, dari sisi penyelenggara tidak diperbolehkan menyampaikan ucapan selamat kepada Caleg yang memang terpilih, dapat dikenakan sanksi, apalagi masyarakat, merekapun sama belum diperbolehkan menyampaikan hal tetsebut, karena keputusannya belum ada. “apa yang mau di ucapkan” Jelasnya.

Diketahui, Caleg DPRD Kabupaten Bekasi yang menjadi Viral atas ucapan selamat melalui karangan bunga, Martina Ningsih Dapil 5 Partai PDIP dan Samuel Maruli Habeahan Dapil 1 dengan ucapan “Selamat Atas Pelantikan Sdr Samuel Maruli Habeahan Sebagai Anggota Komisi 1 Pembangunan” dari Alvin-Tanal Vaint. (red**)

By

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *