08/16/2022
Post Visitors:50

KARAWANG – FBN | Guna saluran air irigasi menjadi lancar, TPOP lakukan giat rutin pembersihan irigasi di Daerah Desa Payungsari Kecamatan Pedes pada selasa pagi Pukul 10.00 wib. (21/07/20).

Menghadapi musim kemarau, sehubungan dengan kebutuhan para petani dalam membajak sawah, sejatinya sawah harus mendapatkan suplai air yang maksimal. guna dapat menanam padi kembali di pesawahan setelah musim panen.

Demi kelancaran saluran air di irigasi untuk mengairi sawah para petani, satuan TPOP (Tugas Pembantuan Operasi dan Pemeliharaan) Perum Jasa Tirta II pengamat sungai dan irigasi pedes. Lakukan pembersihan saluran irigasi di Desa Payungsari kecamatan Pedes. Adapun kegiatan tersebut adalah membersihkan sampah, membersihkan setiap saluran, dan babat rumput. Selain dari memutar pintu dan mengatur jalannya air irigasi.

Dalam kegiatan pembersihan rutin tersebut, agar air di irigasi mengalir dengan lancar, Hasan selaku Juru pengairan dari Perum Jasa Tirta II pengamat sungai dan irigasi pedes mengharapkan segera ada Normalisasi pengerukan, karena masalah yang dihadapi adalah saluran irigasi sudah mulai dangkal. “Mudah mudahan kalau ada instansi yang berwenang, atau PUPR supaya normalisasi biar lancar airnya untuk kepentingan para petani juga. Kerena sudah terjadi pendangkalan”. Ujar Hasan selaku Juru Pengairan dari Perum Jasa Tirta II pengamat sungai dan irigasi pedes.

Senada dengan apa yang di katakan oleh Ari selaku koordinator lapangan Pengamat Sungai dan irigasi Pedes dalam kegiatan rutin tersebut. Dengan tujuan agar air mengalir dengan lancar dan maksimal ke sawah para petani. “Harus ada Normalisasi pengerukan lumpur saluran air di irigasi yang dangkal, Mudah mudahan ada pengerukan dari dinas PUPR, Bina Marga dan instansi terkait lainnya”. Pungkas Ari selaku Koordinator Lapangan Pengamat Sungai dan irigasi Pedes kepada fokusberitanasional.net

(Ahmad Fokus)

%d blogger menyukai ini: