12/03/2022
Post Visitors:72

Kabupaten Bekasi – FBN | Anggaran Dana Desa (DD) maupun Dana Alokasi Desa (DAD) khususnya di Kabupaten Bekasi terbilang pantastis besar, karena hampir semua Desa yang ada di wilayahnya mendapatkan kucuran anggaran yang jika ditotal mencapai milyaran rupiah.

Namun miris masih saja ditemukan dugaan kurang efektifnya penggunaan Dana tersebut, seperti halnya Desa Setiajaya, Kecamatan Cabang Bungin, Kabupaten Bekasi, Terkait penggunaan Anggaran Patut dipertanyakan.

Pasalnya Di Kantor Desa Setiajaya diketahui tidak menyediakan atau memiliki Buku Tamu, hal seperti ini seharusnya di miliki setiap Instansi Pemerintahan dengan menyediakan adanya Buku Tamu.

Berawal dari kedatangan awak media berkunjung, dengan tujuan mencoba menggali informasi lebih lanjut dengan hendak mengkonfirmasi kepada Kepala Desa Setiajaya selaku pengguna Anggaran terkait salah satu pekerjaan yang di bangun dengan sumber dari Penyerapan Dana Desa (DDS)/APBN Desa Setiajaya Tahun Anggran 2019.

Saat di pertanyakan kepada salah satu pegawai Desa tentang keberadaan Kades, namun dirinya menerangkan bahwa Kades sedang tidak ada di Kantor Desa.

Kemudian disaat mempertanyakan buku tamu yang hendak akan di isi, namun ada hal yang menarik bahwa Buku Tamu Di Desa Setiajaya tidak menyediakannya atau tidak ada.

” Tadinya mau dibikin, tapi belum jadi Buku tamunya, nanti kalih kedepannya baru diadakan, tapi saat ini blm ada.”Terangnya salah satu pegawai Desa yang mengaku dirinya Adalah Staf di Kantor Desa Setia Jaya, Selasa(02/06/2020).

Saat disindir bagaiamana jika ada tamu yang berkepentingan atau berkunjung ke Desa, SI menjawab dengan pelannya ” Ya begitu ajah kaga ada buku tamunya”.

Begitu menarik Dengan di gelontorkannya Anggaran Miliaran Rupiah yang setiap Tahunnya untuk Desa di wilayah Kabupaten Bekasi, yang bersumber dari Dana Alokasi Desa (DAD), Bantuan Provinsi (Banprov) maupun Dana Desa (DDS)/APBN, ternyata sangat miris sekedar Buku Tamu saja tidak dimiliki Desa Setiajaya.

Dengan ditemukannya hal tersebut, Penggunaan Dana Alokasi Desa (DAD) yang bersumber dari Pemerintah Kabupaten Bekasi Patut dipertanyakan kemana saja peruntukan dan penyerapannya.

Bukah kan setiap Tahunnya telah di anggarkan untuk Alat Tulis Kantor (ATK) dari Dana Alokasi Desa (DAD), namun kenapa buku tamu sampai tidak di sediakan, sungguh menjadi pertanyaan besar penggunaan Dana yang telah di pergunakan oleh Desa Setiajaya.

Namun sampai berita ini ditayangkan tidak adanya penjelasan dari Kepala Desa selaku pengguna anggaran, yang sudah di konfirmasi melalui Pesan Singkat.

Reporter : (**Tif)

%d blogger menyukai ini: