Peran FKPM Sanget Vital Di Desa,Wakapolres Melawi Kompol Jajang himbau Atasi Persoalan Sekecil Apapun Secara Cepat Dan Tepat,Agar Tak Menjadi Konflik

53

KAB. MELAWI, FOKUS BERITA NASIONAL | Dalam mendukung terwujudnya Desa Mandiri di Kabupaten Melawi, Sat Binmas Polres Melawi telah melaksanakan berbagai kegiatan dimulai Apel Besar 3 Pilar hingga Pembinaan Awak Pos Kamling.

Terbaru ini, Sat Binmas Polres Melawi bekerjasama dengan Direktorat Binmas Polda Kalbar melaksanakan kegiatan Pembinaan Teknis FKPM (Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat) dan Tokoh Masyarakat diempat Desa Mandiri serta enam Desa terdekat dari Mapolres Melawi. Kegiatan ini digelar di Hotel Nite & Day (Cantika), Kamis (19/12/2019).

Kegiatan ini mengusung tema “Meningkatkan Peran FKPM dan Tokoh Masyarakat Guna Mengantisipasi dan Mencari Solusi Permasalahan Sosial dalam Mendukung Terwujudnya Desa Mandiri di Wilayah Kalimantan Barat”.

Dihadiri Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H diwakili oleh Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom, TIM Ditbinmas Polda Kalbar yaitu Kompol Gatot Purwanto, S.H Kasi Binpenakta Ditbinmas dan AKP Laminto Kasi Orsosmas Ditbinmas Polda Kalbar beserta anggotanya dan Kasat Binmas Polres Melawi AKP TP. Marbun beserta Anggotanya. Tamu undangan para Kepala Desa, Kepala BPD Desa dan Para Tokoh Masyarakat dengan jumlah peserta sebanyak 105 orang.

Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom dalam sambutannya menyampaikan “Melalui kegiatan ini guna mewujudkan kondutifitas kamtibmas di Desa, mengetahui gambaran tugas pokoknya sehingga setiap anggota FKPM akan terbentuk karakter disiplin yang tinggi, karena FKPM merupakan garda terdepan di Desa dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” tuturnya.

Lanjut Wakapolres, “Untuk menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif di Desa, tentunya harus ada penanganan yang tepat di wilayah untuk meredam terjadinya ancaman gangguan konflik, intinya adalah bagaimana cara mengatasi segala persoalan sekecil apapun dengan cepat dan tepat agar tidak berkembang menjadi lebih besar serta berlarut-larut,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Melawi AKP TP. Marbun mengapresiasi para Tokoh Masyarakat karena sudah ada partisipasi dari masyarakat dalam tugas-tugas pengamanan dilingkungannya dan secara rutin melakukan koordinasi dengan Polri serta mejadi fasilitator siskamling di Desa – desa yang ada di Kabupaten Melawi.

“Mari kita terus berasama-sama mengantisipasi setiap permasalahan yang ada dengan menangani embrio-embrio permasalahan secepat mungkin,” ajaknya.

“Sat Binmas juga dapat mendeteksi secara dini gejala dan potensi konflik ditengah masyarakat sehingga dilakukan tindakan Kepolisian sebelum terjadi konflik ditengah masyarakat dan FKPM dapat menjembatani serta memediasi semua persoalan dimasyarakat agar diselesaikan secara damai,” terangnya.

Dirbinmas Polda Kalbar yang diwakili oleh Kompol Gatot Purwanto, S.H membuka kegiatan ini, “Peran FKPM (Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat) dan Tokoh Masyarakat, harus mampu mengkoordinir dan mampu memberikan jalan musyawarah bagi masyarakat yang terlibat dalam suatu problem di Desanya. Penyelesaian masalah harus dilakukan secara tepat, cepat dan tuntas jangan dibiarkan berlarut – larut tidak ada keputusan dari Dewan Adat, Tokoh Masyarakat dan FKPM. Lakukan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam penyelesaian masalah di Desa, masalah-masalah yang belum tergolong tindak pidana berat, lakukan secara cepat, tepat dan tuntas,” tegasnya.

Selanjutnya pengarahan teknis dan materi yang diberikan oleh TIM Ditbinmas Polda Kalbar diantaranya Problem Solving, Wawasan Kebangsaan dan Materi Hoax. Masing-masing oleh Kompol Gatot Purwanto, S.H Kasi Binpenakta Ditbinmas dan AKP Laminto Kasi Orsosmas Ditbinmas Polda Kalbar.

Dalam kegiatan ini disampaikan juga pemenang lomba Pos Kamling Desa Mandiri tingkat Polres Melawi yang dimenangkan oleh Pos Kamling Desa Beloyang, Juara dua Pos Kamling Desa Belonsat, Juara tiga Desa Tanjung Niaga dan Keempat Desa Batu Nanta. Pemenang Pos Kamling Juara 1, 2 dan 3 mendapatkan piala serta piagam Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, sementara untuk juara terakhir hanya mendapatkan piagam penghargaan saja.

Masing-masing piala dan piagam diberikan secara simbolis oleh Wakapolres Melawi Kompol Jajang, Katim Ditbinmas Kompol Gatot Purwanto, Kasat Binmas AKP TP. Marbun dan Tim Ditbinmas AKP Laminto. Piagam dan Piala diterima langsung oleh para Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat yang mewakili dalam kegiatan tersebut.///ddk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini