Peraturan Koperasi Bina Arta, Surat Nikah Nasabah Dijadikan Jaminan

92

SUBANG, FOKUS BERITA NASIONAL.COM | Maraknya renternir yang berkedok Koperasi di wilayah Subang membuat Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Subang kewalahan dalam pengawasan, sehingga masih ada Koperasi yang menahan Buku Surat Nikah sebagai jaminan pinjam uang, Rabu (29/5/19).

Menurut keterangan Rijal mantan Kepala KUA Subang dan Badarudin Kepala KUA Sukasari menjelaskan, Buku Surat Nikah tidak diperbolehkan ditahan atau dijadikan sebagai bahan jaminan pinjam uang, pasalnya Surat Nikah adalah Document Negara.

“Saya baru dengar jika Surat Nikah bisa jadi jaminan pinjam uang, setahu saya hanya foto chopy KTP, KK, biasanya kalau yang asli tidak akan di tahan oleh pihak Koperasi atau Bank,” tutur Rijal.

Ditempat yang berbeda Badarudin memaparkan, “Apapun dalihnya Surat Nikah yang asli tidak bisa dijadikan jaminan untuk pinjam uang, karena kalau disuatu saat nanti pihak pemilik memerlukan tidak ribet, kalau hanya foto chopy itu tidak masalah,” tuturnya.

“Suami saja tidak bisa menahan surat nikah milik istri, apa lagi ini orang lain, jelas-jelas tidak bisa,” lanjut Badarudin.

Lain hal dengan pegawai atau colecktor Koperasi Bina Arta menjelaskan, salah satu dari persyaratan pinjam uang adalah Surat Nikah asli, bahkan sampai sebagian nasabah yang ditahan Buku Surat Nikah.

“Sebagian saja (Surat Nikah yang ditahan), kepala cabang beliau lagi cuti di kampung, kalau saya tidak bisa (menjelaskan) langsung saja dengan Kepala Cabang,” ucap Galung salah satu pegawai (kolecktor) Bina Arta.

Dengan nada tegas satu dari pegawai Bina Arta memaparkan,” Jika bapak mempertanyakan surat nikah bukan hanya Koperasi Bina Arta saja, semua Koperasi seperti itu, memang prosedur kita, sudah peraturannya (Surat Nikah Dijaminkan),” ucap Johandri Tambobolon.

Ditengah perbincangan Johandri Thambobolon mengatakan pihak Koperasi Bina Arta memberikan iyuar sebesar 35.000 perbulan ke Dinas Koperasi. (Bachrie)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini