Percontohan di Tingkat Provinsi, UP2K Desa Sumber Padi Terus Berbenah

62

KAB. BATU BARA, FOKUS BERITA NASIONAL | UP2K Desa Sumber Padi Dipersiapkan Jadi Percontohan di Tingkat Provinsi. Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang dilaksanakan TP PKK Desa Sumber Padi, Kecamatan Limapuluh sejak dihidupkan kembali pada tahun 2017 lalu hingga kini, terbukti mampu meningkatkan pendapatan perekonomian warganya.

Berbagai potensi dibidang usaha dan produksi, baik berupa makanan maupun keterampilan dibina usaha ekonomi kreatif sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan produk bernilai jual tinggi dan menambah pendapatan keluarga di desa itu.

Sebagai ganjarannya, Desa Sumber Padi, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara dengan luas 314 hektar ini terpilih sebagai desa Pelaksana persiapan Terbaik Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Tingkat Kabupaten Batubara Tahun 2019 dan mewakili kabupaten Batubara pada lomba tingkat Sumut.

Wakil ketua TP PKK desa sumber padi Ny Afifah Damanik. Selasa. (19/7) menjelaskan usaha pemberdayaan kelompok UP2K tingkat Desa Sumber Padi ini dilakukan oleh kelompok khusus (poksus).

Poksus membina kelompok pelaksana (poklak) yaitu kelompok peserta yang memiliki usaha atau yang mau berusaha baik secara perorangan maupun kelompok dan bergabung dalam usaha bersama.

Dengan UP2K ini pula para anggota kelompok itu bisa belajar menabung melalui kelompok simpan pinjam yang dilaksanakan oleh pengurus dan kader-kader PKK.

Manfaat lain yang bisa diproleh dengan adanya kelompok Poksus UP2K di desa ini, agar terbinanya kepedulian sosial dalam mengembangkan kemitraan kerja antara keluarga yang ekonominya maju dan keluarga yang berekonomi rendah.

Dengan tujuan agar tercapainya peningkatan usaha ekonomi keluarga melalui usaha kelompok atau perorangan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

Untuk diketahui, Di Desa Sumber padi dengan jumlah 3.935 penduduk ini terdapat 3 poklak yang diperdayakan poksus, masing masing poklak tersebut bergerak menangani pengerajinan makanan ringan dan pembuatan Roti, diantaranya:

Kelompok pertama bergerak dibidang pengerajinan makanan ringan seperti olahan rengginang ubi, kue bawang daun ubi kincong.

Sementara Di Kelompok kedua bergerak dibidang pengerajin makanan ringan seperti olahan kue bawang, stik ubi ungu, stik kentang, stik brokoli, keripik ubi, keripik pisang, rambat dan pisang gosong.

Sedandangkan di Kelompok ketiga bergerak dibidang pengerajin pembuatan roti kelapa, roti coklat dan roti nenas

Produk yang dihasilkan tersebut sudah dipasarkan keluar lingkungan kelompok dan sudah ada pemesanannya juga dari luar kabupaten”, tambah Sekretaris TP PKK Desa Sumber Padi Ny Afifah Damanik.

Dikatakanya, Kemajuan UP2K di Desa itu selama ini erat kaitannya dengan pembinaan dan dorongan yang dilakukan Ketua TP PKK Kabupaten Batubara Ny Maya Indriasari Zahir, OPD terkait khususnya Dinas Koperasi dan UKM dan Camat beserta Ketua TP PKK kecamatan Limapuluh.

Reporter: Supriadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini