12/05/2022
Post Visitors:93

FBN – Pidie Jaya || Dalam melaksanakan kegiatan Pemilihan Kepala Desa di Gampong Pulo Lhok Kecamatan Ulim, Kabupaten Pidie Jaya, Rabu(18/11/2020) menggunakan secara E-Voting, yang berlangsung di kantor desa setempat, pemilihannya dua kandidat, nomor urut 1 Teuku Fauzan dan nomor urut ke 2 Anwarsyah SE, kedua kandidat akan merebutkan suara pemilih dari 139 orang yang boleh memberikan hak pilih.

Maka dalam akhir tahun 2020 sampai hari ini pemilihan secara e-voting sudah terlaksana di 3 Gampong Kabupaten Pidie Jaya.

“Yang pertama di Gampong Keude Ulee Gle, Kecamatan Bandar Dua sudah dilaksanakan September lalu, dan yang kedua di Gampong Mesjid Puduek, Kecamatan Tringgadeng, maka hari ini kita lakukan di Gampong Pulo Lhok Kecamatan Ulim, dalam kegiatan itu pemanfaatan waktu yang sangat efisien.” Ungkap Kabag Pemerintahan Pidie Jaya, Muslim Khadri, S, STP, MSM.

Di tahun depan 2021 kemudian nanti, ada 118 Gampong di Pidie Jaya yang akan melaksanakan pemilihan keuchik secara serentak, pelaksanaannya akan dilakukan secara e-voting berbasis
komputerisasi, dan Menggunakan sistem e-voting dalam pemilihan kepala desa sudah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Pidie Jaya, nomor 7 tahun 2020.

Kelebihan Menggunakan sistem e-voting tidak ada suara tidak sah karena tidak memungkinkan menyentuh beberapa calon kades hanya satu yang bisa kita pilih, dan waktu penghitungan rekapitulasi suara lebih cepat begitu waktu pemilihan selesai hasil langsung dapat diketahui,”Jelasnya Muslim pada wartawan saat konferensi pers ditempat pemilihan.

Selanjutnya Wartawan Menghubungi Camat Kecamatan Ulim Muhammad Rizky Syahdan, S.STP, melalui WhatsApp menjelaskan, Sistem pemilihan E-voting lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan pemilihan mengunakan kertas suara. Lebih mudah, dan waktu yang sangat efesien.

Pemilihan yang telah dilaksanakan oleh warga Pulo Lhok Alhamdulillah tidak ada kendala dari segi apapun, begitu juga dengan sistem, dan hasil pemilihan terakhir, yang terpilih sebagai kepala Desa adalah kanidat nomor 2 Anwarsyah SE, Kata Camat melalui Henphone saat konfirmasi. (Wanis Pijay)

%d blogger menyukai ini: