09/24/2022
Post Visitors:36

KALBAR,MELAWI – FBN || Menjelang Pilkada, Polres Melawi terus mempersiapkan diri dan terus meningkatkan kemampuan serta pengetahuan Personilnya agar bisa menerapkan SOP saat melaksanakan tugas pengamanan semua rangkaian pemilihan kepada daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati pada Bulan Desember mendatang.

Kali ini, Polres Melawi kembali menggelar latihan Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Melawi,”Kamis (03/9/2020) siang.

Latihan ini (TFG), Dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H didampingi Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana, S.E., M.M dan Kabag Ops Kompol Dedy F. Siregar, S.IP., M.AP, para Pejabat Utama, para Kasatgas dan perwakilan Personil yang terlibat dalam Operasi Kepolisian Kewilayahan “Mantap Praja Kapuas-2020”.

Kabag Ops Polres Melawi Kompol Dedy F. Siregar mengatakan, TFG ini merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana Operasi dan mensukseskan semua rangkaian dalam pengamanan Pilkada. “Dalam latihan ini, Seluruh Kasatgas dan Personil diberikan pengarahan mengenai tahapan-tahapan dalam Pilkada tahun ini. Situasi hijau harus berbuat apa, kuning dan merah begitu juga, Siapa harus berbuat apa dan berkoordinasi dengan siapa, semuanya harus faham dan mengerti,” tuturnya.

“Kegiatan Tactical Floor Game (TFG) ini dilaksanakan sebagai bentuk gambaran awal terhadap situasi kamtibmas di Kabupaten Melawi. Mulai dari tahap awal, saat masa tenang hingga pemilihan maupun sidang pleno terbuka penetapan pemenang oleh KPUD Kabupaten Melawi yang mana memerlukan penanganan khusus,” jelasnya.

“Situasi bisa merubah pola pam, Namun jika mau bergerak maupun bertindak utamakan koordinasi dan sinergitas,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi menyampaikan “Tactical Floor Game (TFG) dilaksanakan untuk menyamakan persepsi terkait kekuatan Personil, tahapan dan cara bertindak serta sarana prasarana yang akan digunakan oleh masing-masing dalam pelaksanaan pengamanan.

“Dalam latihan ini disimulasikan secara detail posisi penempatan Personil sesuai kebutuhan yang diperlukan nantinya, disaat pelaksanaan pengamanan Pilkada,” ungkapnya.

Kapolres mengharapkan, dengan dilaksanakannya TFG ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan Personilnya dalam mengamankan rangkaian kegiatan yang disesuaikan dengan situasi yang akan dihadapi dalam Pilkada serentak tahun 2020.

“Keberhasilan dalam semua tahapan tidak tergantung pada satu satgas saja, semua satgas merupa satu kesatuan. Tingkatkan sinergitas dengan seluruh instansi terkait lainnya, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat. Situasi Kamtibmas yang kondusif bisa kita ciptakan dengan berkolaborasi dan bergandengan tangan dengan seluruh elemen masyarakat yang ada. Saya yakin kita mampu menciptakan kondusifitas kamtibmas, jika kita terus berupaya dengan melakukan berbagai kegiatan Kepolisian seperti penggalangan, patroli dialogis dan merangkul seluruh elemen masyarakat agar turut serta menciptakan kamtibmas yang kondusif dilingkungan masing-masing,” katanya.

Kapolres juga mengingatkan masalah Covid-19, jangan pernah mengabaikan protokol kesehatan. “Tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas terlebih saat melaksanakan pengamanan,” pesannya.

“Kita juga berharap masyarakat dapat bersinergi dengan Polri untuk mensukseskan Pilkada tahun 2020 ini, agar dapat berjalan dengan aman, damai dan sejuk,” tutupnya.

Sumber : Humas Polres Melawi
Publish : Didik/Asp/dm

%d blogger menyukai ini: