Polres Melawi Gelar Apel Pasukan Jelang Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 H

MELAWI, FOKUS BERITA NASIONAL.COM | Polres Melawi gelar apel pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2019, bertempat di halaman Mapolres Melawi, Selasa (28/5/19). Kegiatan itu diikuti seluruh instansi terkait di Kabupaten Melawi dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1440 H.

Tampak Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Melawi Dadi Sunarya, Kepala Dinas Perhubungan, Wakapolres Melawi Kompol Jajang, Kepala Sub Den POM Nanga Pinoh, para Kabag, Kasat, Kasi, Perwira Polres Melawi dan Kapolsek jajaran, para Danramil Nanga Pinoh, para Kabid dan Kasi Satpol PP.se-Kab Melawi.

Sementara peserta apel gelar pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2019 terdiri dari, Kompi Senapan 642 kipan A Nanga Pinoh, Satlantas Polres Melawi dan Sabhara Polres Melawi, gabungan staff Polres Melawi, Sat Intelkam dan Sat Reskrim, Dishub, Satlpol PP, serta para anak pramuka, gabungan Saka Bhayangkara Polres Kab Melawi.

Selanjutnya Operasi Ketupat Kapuas 2019 sebelumnya dikenal dengan Operasi Ketupat. Kegiatan itu akan berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 30 Mei hingga 4 Juni 2019. Yang bertujuan mengutamakan pengamanan dan pelayanan terhadap masyarakat yang melaksanakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H dan masyarakat yang melaksanakan aktivitas rutinitas setiap harinya.

Kapolres Melawi AKBP. Ahmad Fadlin, S.Ik., M.Si bertindak sebagai inspektur upacara gelar pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2019 tersebut menegaskan, “Sinergitas antara Polri dengan instansi terkait dalam pelaksanaan operasi harus selalu megedepankan dan mengutamakan hal-hal yang menjadi prioritas antara lain, stabilitas harga pangan harus selalu diawasi dan dicermati selama bulan suci Ramadhan 1440 H/2019.

Tujuan kegiatan Operasi Ketupat Kapuas 2019, menjaga stabilitas Kamtibmas yang kondusif aman dan tentram, serta arus lalu lintas yang lancar dan menekan angka kecelakaan lalu lintas saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H,” ujar Kapolres dalam amanat upacara.

Kapolres mengatakan, personil yang bertugas di lapangan mempunyai peran dan fungsi yang berbeda-beda, seperti pos pengamanan, memberikan rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan aktivitas baik itu keagamaan atau kegiatan rutin lainya.

“selalu memonitoring di titik-titik yg rawan akan terjadi tindak kriminalitas dengan cara berpatroli, pos pelayanan memberikan pelayanan di bidang kesehatan, tempat istrahat, dan lokasi pengecekan kendaraan,” ujar Kapolres.

Kapolres juga menambahkan, pos terpadu mencakup dua unsur dari Pospam dan Posyan dalam setiap pengamanan selama Operasi Ketupat Kapuas 2019 harus selalu bersinergi dengan instansi terkait lainya.

“menigkatkan pelayanan kepada masyarakat agar mereka merasakan dampak nyata dan nyaman dari kegiatan operasi ini, seluruh personil mengutamakan keselamatan saat bertugas di lapangan dan jaga kekompakan”. (ddk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *