10/02/2022
Post Visitors:59
Lebah trigona dulu hanya dikenal letisep, atau kalau orang Jawa dulu bilang ‘awas masuk telinga’ atau ‘klanceng masuk telinga’ karena memang lebah itu sangat kecil. Tapi lebah ini juga menghasilkan madu yang kaya akan manfaat,” ujarnya Kades Supratman, Minggu, 28 Maret 2021.

FBN – Lampung Timur || Raman Endra, Lebah trigona atau yang sering disebut lebah klanceng termasuk serangga penghasil madu yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Menggiat budi daya lebah trigona,Supratman Yang Juga kepala desa raman endra, Kecamatan Raman Utara,kab.lamTim mengajak Masyarakat dusun 1,4 dan 5 untuk menguji peluang usaha madu yang dihasilkan lebah tak menyengat itu. 

Proses budi daya hewan berkoloni ini tidaklah sulit. Hanya saja harus memenuhi vegetasi atau asupan makanan bagi lebah itu sendiri. Caranya, dengan menanam berbagai jenis bunga yang memiliki sari atau pun nektar, lebah trigona atau disebut klanceng akan betah dan nyaman dibudi-dayakan.

Lebah trigona dulu hanya dikenal letisep, atau kalau orang Jawa dulu bilang ‘awas masuk telinga’ atau ‘klanceng masuk telinga’ karena memang lebah itu sangat kecil. Tapi lebah ini juga menghasilkan madu yang kaya akan manfaat,” ujarnya Kades Supratman, Minggu, 28 Maret 2021.

Dia menjelaskan, lebah trigona yang dibudi-dayakan didominasi jenis itama. Lebah trigona ini tidak berbahaya bagi manusia. Sengatan lebah jenis ini tidak akan menimbulkan luka terhadap kulit manusia. 

Kalau lebah ini cenderung menyerang yang berwarna gelap, seperti pada rambut hitam dan baju yang yang berwarna gelap. Lebah ini tidak ada sengatnya, hanya menggigit kemudian meninggalkan propolis atau lem berwarna kuning kecoklatan. Bahkan kalau pas panen madu, anak saya yang usia tiga tahun juga ikut, kata dia.

Sebagai Obat
Awal mula ketertarikan dan ingin mengsensumsi terhadap budi daya lebah klanceng karena madunya yang dikenal sangat bermanfaat. Sebelumnya juga bisa menambahkan stamina tubuh atau daya tahan tubuh kita ungkapnya.

Menurut Supratman, madu klanceng ini sangat berkhasiat bagi kesehatan dan pengobatan beberapa penyakit, seperti gula darah, diabetes melitus, asam urat, dan untuk program diet.

saya sendiri rutin mengonsumsi madu ini, Alhamdulillah sekarang ini Badan saya merasa fit. Kemudian istri dan anak saya juga suka mengonsumsi. Ini juga bisa untuk program diet. Awalnya bersama rekan saya, hanya berdua kami berencana untuk membudi-dayakan lebah trigona ini untuk konsumsi sendiri,” ujar dia.

Menurutnya, yang penting dirinya mempunyai log (sebutan batang kayu yang dijadikan sarang lebah trigona) dulu. Namun lama-kelamaan bermain lebah ini terasa asyik dan yang tadinya untuk konsumsi pribadi pun bisa menghasilkan dan produksi kedepannya. 

“Untuk memulai kounsumsi dengan skala dusun dari dusun ini saya mulai dari dusun 1,4 dan 5.mungkin untuk kedepannya bisa seluruh dusun di khususnya di desa taman endra.kata dia

Budi daya lebah ini juga tidak membutuhkan perhatian khusus. Menurut Supratman,  lebah klanceng mencari makannya sendiri . Yang terpenting vegetasinya terpenuhi. Lebah klanceng tidak bisa diberi makan air gula, harus murni dari nektar dan sari bunga sendiri. 

Saat musim bunga berkembang dan banyak bunga air mata pengantin karena kebutuhan lebah ini nektar, bipolen atau serbuk sari itu. Kemudian resin atau getah-getahan juga lebah trigona itama ini mau,” kata dia.

Menurutnya, di setiap panen Supratman menunggu selama14 hari setelah panen pertama . Didalam 14 hari trigona atau disebut klanceng bisa menghasilkan ukuran 300 mili liter Dari 5 kotak jelasnya.

(Syamsul)

%d blogger menyukai ini: