12/03/2022
Post Visitors:76

FBN – KOTA TANGERANG || PT Asiaplast Indonesia Tbk yang beralamat Jln. KH. Mustaqim (Santoso) Desa Gembor Kecamatan Priok Kota Tangerang, sebuah perusahaan besar tetapi tidak menjalankan undang undang yang berlaku, khususnya UU No.13 Tahun 2003 Pasal 166, Ada apa?

Agus Muhamad (Alm) Karyawan Perusahaan PT Asiaplast Indonesia Tbk, bekerja selama 20 tahun 6 bulan, yang meninggal dunia saat jam istirahat kerja, namun perusahaan hanya memberikan uang kebijakan sebesar Rp 20.000.000, (duapuluh juta rupiah) padahal jelas dalam UU No. 13 Th 2003 Pasal 166 yaitu dalam hal hubungan kerja berakhir karena pekerja/buruh meninggal dunia ahli waris diberikan sejumlah uang yang besaran perhitungannya sama dengan perhitungan 2 (dua) pesangon sesuai dengan ketentuan Pasal 156 ayat (2), 1 (satu) kali uang penghargaan masa kerja sesuai dengan ketentuan Pasal 156 Ayat 3 uang penggantian hak sesuai dengan Pasal 156 Ayat 4.

Ketua PUK.SP.KEP.SPSI Andri Hambali menyampaikan kepada awak media selaku pendamping ahli waris. “Kami sudah menyampaikan dua kali melakukan bipartit ke Management perusahaan tetapi belum ada itikat baik dari pihak perusahaan untuk selesaikan permasalahan ini, agar menjalankan aturan yang ada,”

Dan akhirnya PUK. SP. KEP. SPSI melayangkan surat somasi, dengan NO : 004/PUK.SP.KEP/SPSI/SOM/KOTANG/1X/2020, dan di tembuskan ke Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang, Polres Metra Kota Tangerang, PT Asiaplast Indonesia Tbk, Polsek Jati Uwung, DPD SPSI, DPC SPSI, dengan harapan ada itikat baik dari pihak perusahaan untuk memberikan hak Almarhum, ” jelasnya

“Dalam undang undang No 13 Th 2003 Tentang ketenagakerjaan Pasal 166 yaitu, Dalam hal hubungan kerja berakhir karena pekerja atau buruh meninggal dunia kepada ahli warisnya diberikan sejumlah uang yang besaran perhitungannya sama dengan perhitungan 2 (dua) kali pesangon sesuai dengan ketentuan Pasal 156 Ayat (2), 1 (satu) kali uang penghargaan masa kerja sesuai dengan ketentuan Pasal 156 Ayat 3, dan uang penggantian hak sesuai dengan pasal 156 ( 4 ) ” imbuhnya.

“Di sampaikan juga bila mana pihak dari perusahaan tidak segera menyelesaikan permasalahan tersebut maka PUK SPSI yang ada di dalam perusahaan akan melakukan langkah Organisasi sesuai UU13 Thn 2003 Pasal 136 dan 137 yaitu mogok kerja total , dan di momen mogok nasional ini dalam agenda penolakan UU Omnibuslaw, semua masa buruh membantu perjuangan PUK PT Asiaplast Industriest Tbk ” pungkas Andri Hambali.

Sumber :. Ketua GMDM Kabupaten Tangerang
Penulis : Syarifudfin

%d blogger menyukai ini: