Rapat Paripurna Agenda Jawaban Bupati Batubara, Atas Pandangan Umum Fraksi

61

Ket photo : Sekda Kab. Batubara H. Sakti Alam Siregar, SH

KAB. BATUBARA, FOKUS BERITA NASIONAL | Rapat Paripurna dengan Agenda Jawaban Bupati Batubara Atas Pandangan Umum masing-masing Fraksi, berkenan dengan Peningkatan belanja tidak langsung (belanja pegawai) pada APBD Tahun 2019 Kab Batubara sebesar Rp 6 M, yang mengakomodir gaji dan tunjangan pimpinan/ anggota dewan sebagai tindak lanjut kenaikan cluster keuangan ke kategori sedang.

Ini patut kita apresiasi,” tukas Bupati Batuvara Ir H Zahir, MAP dalam pidato tertulis yang dibacakan oleh Sekdakab H Sakti Alam Siregar, SH (foto) pada rapat paripurna dengan agenda jawaban bupati atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap nota pengantar rancangan
Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan
APBD Kab Batubara Tahun 2019, Rabu (24/7/2019).

Mengenai peralihan listrik ke tenaga surya pada BUMD dijelaskan bahwa jika lampu penerangan jalan umum (LPJU) PLN digantikan ke panel surya maka tagihan sebesar Rp 600 juta/bulan dapat dihemat.
Di samping mempertimbangkan menggunakan tenaga surya lebih ramah lingkungan.

Mengenai kenaikan terhadap belanja hibah sebesar Rp 4,7 M disebabkan adanya peralihan belanja DAK non fisik (BOP Kesetaraan dan BOP PAUD) dari belanja langsung Dinas Pendidikan kepada belanja tidak langsung sebesar Rp 1,1 M.
Selain itu juga terdapat peralihan belanja bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dari belanja langsung Dinas Perkim ke belanja tidak langsung sebesar Rp 3,3 M.

Realisasi pelaksanaan kegiatan pada semester pertama secara kolektif masih rendah bupati berjanji akan berupaya memaksimalkan merealisasikan seluruh kegiatan yang telah ditetapkan, khusus untuk kegiatan fisik semua sudah dalam tahap proses lelang dan segera direalisasikan.

Terkait meningkatnya Silpa ( Sisa lebih perhitungan anggaran) sebesar Rp 95, 7 M menjadi Rp 142,6 M menurut bupati bahwa besaran Silpa merupakan Tahun 2018 dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang telah di audit.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kab Batubara H Selamat Arifin, SE, MSi dengan Wakil Ketua Syafrizal, SE dan Drs Suwarsono dihadiri anggota dewan, unsur Forkopimda, para asisten, OPD dan undangan lainnya.

Reporter: Supriadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini