Ratusan Warga dan Karang Taruna Grudug PT Platinum Rengas Bandung

183

Kab.Bekasi – FBN | Di Dampingi Karangtaruna ratusan warga dan kaum ibu Desa Karangsambung gelar aksi demo dipintu gerbang PT Platinum Ceramics Industry yang terletak di Jalan Raya Rengas Bandung Km. 61, Kecamatan Kedung Waringin Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Aksi demo tersebut dilakukan mendesak Pihak Manajemen PT Platinum Cermics Industry untuk memberi kesempatan kerja bagi warga sekitar, Menindak Oknum yang selalu meminta sejumblah uang kepada para calon pencari kerja dan juga penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR) yang lebih berimbang sesuai peraturan yang berlaku.

“Kepada Awak Media Kepala Desa Karangsambung Try Ruly Lesmana usai melakukan mediasi dengan Pihak Manajemen PT Platinum Ceramics Industry Mengatakan, Karena timbul keresahan di tengah masyarakat kami soal lingkungan dan juga banyaknya laporan ke saya juga ke karang taruna soal makin maraknya pungli ke para pencari kerja yang di lakukan oleh oknum sehingga akibatnya merugikan warga sekitar maka warga dan karang taruna meminta ijin ke saya untuk menggelar aksi mendesak pihak perusahaan tersebut,”ucapnya Senin (27/01/2020).

Sebelumnya” Tambah Ruly Kita sudah melakukan negosiasi dengan pihak manjemen PT Platinum, Tapi tidak menemui kesepakatan maka terjadilah aksi demo ini,”Kata dia.

Selain itu, Kan belum lama ini ketua Dewan DPRD Kabupaten Bekasi mengedarkan surat Perbup Nomor 9 tahun 2019 tentang penyerapan tenaga kerja lokal tapi warga kita tetap masih kesulitan untuk masuk kerja di PT Platinum, Sedangkan persyaratan sperti jenjang pendidikan sudah sesuai dengan peraturan yang ada di perusahaan ini,”Ujar dia.

Regulasi itu, kata dia, akan menjadi pedoman untuk memprioritaskan warga pribumi. Bukan hanya itu, warga juga menuntut CSR yang dikeluarkan perusahaan agar terserap kepada masyarakat,”tambahnya.

“Kenapa kami meminta penerimaan pekerja lokal satu pintu melalui Karang Taruna, karena kami mau membrantas oknum-oknum yang tidak bertangung jawab yang sering melakukan pungutan liar yang nilainya bervariatif kepada para calon pencari kerja khususnya di PT Platinum ini,”Ungkapnya.

Menurut dia, target kita kedepan nya akan menindak tegas oknum-okum tersebut. Hasil audensi saya tadi dengan pihak manajemen perusahaan akhirnya mereka menyetujui semua tuntutan warga yang di wakili oleh saya, yaitu soal penerimaan pekerja lokal hingga penyaluran CSR,”tukasnya.

“Jika perusahaan melanggar kesepakatan yang sudah disetujui kami akan melaporkan sesuai hukum yang berlaku,”tegasnya.

Dia menyebutkan, kedepannya masyarakat karang sambung akan di prioritaskan, karena hal itu adalah tuntutan pokok utama masyarakat.

“Untuk persyaratan penerimaan kami ikuti aturan dari perusahaan. Bahkan kami akan memberantas oknum yang meminta uang untuk bisa masuk bekerja di perusahaan yang ada di wilayah kami,” tadasnya.

Reporter : (team)