Rawan Kecelakaan Perlintasan Bulak Kapal Bekasi Dipasang Rambu Keselamatan

57

BEKASI, FOKUS BERITA NASIONAL.COM | Direktorat Jenderal Perkeretaapian pada Kementerian Perhubungan RI bersama pihak Jasa Raharja perwakilan Bekasi Jawa Barat, menggelar pemasangan rambu dan spanduk keselamatan di perlintasan kereta api di Bulak Kapal, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Pemasangan sejumlah rambu dan spanduk keselamatan itu dimaksudkan untuk menekan angka kecelakaan di perlintasan kereta api. Selain di Bekasi, terdapat 12 daerah lainnya melangsungkan kegiatan serupa.

“Ini dalam rangka penanganan perlintasan kereta api khususnya pada perlintasan sebidang yang teregister dan tidak dijaga dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran keselamatan serta risiko terjadinya kecelakaan di perlintasan,” terang Direktur Jenderal Keselamatan Perkeretaapian Kemenhub Edi Nursalam dalam kegiatan, Jumat (3/5/2019).

Edi menerangkan, pemilihan lokasi di perlintasan Bulak Kapal lantaran titik ini paling rawan di Kota Bekasi. Diketahui tidak sedikit kecelakaan lalu lintas yang pernah terjadi di lintasan ini, terlebih karena tidak adanya palang pintu pada Jalan Pahlawan yang melalui lintasan ini. Edi menyebut terdapat 10 rambu keselamatan yang dipasang Kemenhub di tempat ini. Satu di antaranya seperti rambu pemberitahuan akan memasuki lintasan bertuliskan “Hati-hati 100 meter mendekati perlintasan kereta api.”

Kendati begitu, pemasangan palang pintu belum disekaliguskan dalam kegiatan ini. Dia mengungkapkan, untuk pemasangan itu masih dibahas dengan pemerintah kota. Namun dia mengharapkan sinergitas lebih dengan pemerintah, misalnya membantu mengerahkan petugas di perlintasan.

“Tingkat rawannya (lintasan Bulak Kapal) cukup tinggi, karena itu kepada seluruh pemangku kepentingan di Kota Bekasi kita imbau juga untuk terus mengikuti gerakan ini sehingga bisa dipasang rambu-rambu (lainnya),” ujar Edi.

Dalam kegiatan selain dilakukan pemasangan kelengkapan rambu, pemasangan spanduk dan alat peringatan tambahan yang mudah terlihat, pihaknya juga melakukan edukasi dan sosialisasi disiplin mengemudi melalui pembagian stiker dan brosur keselamatan pada sejumlah pengendara yang melintas Jalan Pahlawan. (jhon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini