Resnarkoba Polres Pelalawan, Gulung Pengedar dan Bandar Sabu

24

FBN – Pelalawan || Satuan Resnarkoba Polres Pelalawan berhasil menggulung 4 tersangka penyalahgunaan narkoba jenis sabu, dan 1 orang bandar berhasil kabur.

Dari tangan tersangka, didapar barang bukti sebanyak 21,51 gram dengan status 1 orang bandar dan 3 orang pengedar. Senin (18/1/2021) kemarin.

“Kami mengamankan 4 orang terduga pelaku penyalahguna narkotika jenis Sabu-sabu dilokasi berbeda, diantaranya 1 bandar dan 3 pengedar,” kata Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko diteruskan Kasubbag Humas Polres Pelalawan Iptu Edi Haryanto kepada media ini, Selasa(19/1/2021).

Menurut Edi Haryanto, penangkapan berawal berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa di Jalan Air Emas, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan karena sering terjadinya transaksi narkotika.

Dari keterangan masyarakat tim Opsnal Unit 1 yang dipimpin langsung Kasat Narkoba Iptu Gus Purwantoro, melakukan penyelidikan dan pengintaian terhadap terduga pelaku di TKP, kemudian team langsung mengamankan 2 orang terduga pelaku insial (CF), dan (MS).

Penangkapan tersebut disaksikan ditemukan barang bukti milik CF, 1 bungkus plastik bening klep merah ukuran sedang yang berisikan narkotika jenis sabu, 1 unit hp android merk Nokia warna hitam dan uang tunai 100 ribu.

Dan dari tangan MS berupa 1 unit motor satria FU tanpa nopol, 1 unit Hp dan android Oppo warna biru tua.

Selanjutnya tersangka CF mengakui bahwa mendapatkan sabu seberat 0,95 gram dari (LT) yang berada di daerah tepatnya Air Molek, Kabupaten Indragiri Hulu.

Atas introgasi tersebut sudah mengantongi indentitas ciri- ciri pelaku. Tim langsung terjun ke Air Molek untuk melakukan pengembangan.

Setelah dilakukan pengembangan dengan sigap mengamankan (LT), warga Kelurahan Tanjung Gading, Kecamatan Air Molek, Kabupaten Inhu.

Dari tangan pelaku tidak mendapatkan sabu , yang dapat diamankan 1 buah unit android Vivo warna hitam dan uang tunai 300 ribu.

Tidak sampai disitu tim melakukan introgasi terdahap pelaku. Di daerah yang sama melakukan pengembangan, lalu tim melihat 2 orang tersangka (DA) dan (RD) yang disebut bandar.

Tim langsung melakukan penyergapan, dan berhasil menangkap tersangka DA dimana semua barang bukti sabu diamankan.

Sedangkan satu lagi RD berhasil kabur dari kejaran polisi dan sudah ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO).

Dari tangan DA disaksikan warga pengeledahan ditemukan 1 bungkus plastik bening yang berisikan 7 paket bungkus plastik bening klep merah yang berisikan Narkotika jenis sabu berat kotor total dari 3 TKP 20,61 gram,1 unit timbangan digital warna hitam dan 1 kotak warna hijau, 1 unit Hp Xiaomi warna Hitam, 1 bal plastik bening klep merah dan uang tunai 50 ribu.

“Terhadap pelaku sesuai rumusan sementara ke 4 tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 Tentang Narkotika,” sebut Edi.

(Sur)