Ribuan Nelayan Minta Proyek Sodetan Kali Cikarang Bekasi Laut Dihentikan

58

KAB. BEKASI, FOKUS BERITA NASIONAL.COM | Pekerjaan Sodetan Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) dikeluhkan Ribuan Nelayan Tangkap dan Tambak. Dikatakan Ketua Koperasi Nelayan Pantai Mekar (KNPM) Desa Pantai Mekar Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi, Nari mengatakan kepada awak media Fokus Berita Nasional.com, Sabtu (18/5/2019). Proyek Pekerjaan Sodetan Kali Cikarang Bekasi Laut harus segera dihentikan, adanya Proyek sodetan Kali CBL dirasakan para Nelayan Tangkap dan Tambak sangat merugikan ribuan Nelayan.

Dampak dari Sodetan tersebut mengakibatkan menumpuknya ribuan kubik sampah yang mengendap dan mengambang di pesisir Pantai Muara Gembong. dari 4 Desa yang terkena dampak lingkungan seperti Desa Pantai Harapan Jaya, Desa Pantai Mekar, Desa Pantai Sederhana dan Desa Pantai Bahagia. Keberadaan Proyek Sodetan Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) yang diduga kepentingan PT. Cikarang Listrindo sangat merugikan ribuan Nelayan Tangkap Khususnya.

Sodetan Kali CBL yang mengarah ke Laut Muara Gembong, dikerjakan oleh PT. Cikarang Listrindo (CL) untuk alur Operasional dan Bongkar muat Batu Bara di tengah laut Muara Gembong, mengakibatkan dampak negatif bagi Ribuan Nelayan.

Berkurangnya Penghasilan Nelayan yang disebabkan Proyek Sodetan Kali CBL, seperti adanya aktifitas lalu lintas Kapal Tongkang, yang mengakibatkan terganggunya aktifitas Nelayan dalam menangkap Ikan, Merusak Ekosistem yang ada di Laut dan menumpuknya sampah sampah dengan jumlah yang sangat signifikan. “Menumpuk dan masuk kedalam Laut”.

Kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, agar memperhatikan nasib ribuan Nelayan. Kami atas nama Koperasi Nelayan Pantai Mekar, meminta kepada pemerintah untuk mengkaji kembali kebijakan yang dinilai sangat merugikan Ribuan Nelayan.

Ribuan nasib Nelayan semua bergantung dari hasil kekayaan Laut, sementara sudah 6 bulan ikan hasil tangkapan Nelayan menurun drastis, biasanya Nelayan tangkap Ikan dalam waktu sehari penuh mendapatkan puluhan kilo Ikan hasil tangkapan, sekarang ini Nelayan hanya bisa menagkap Ikan mencapai beberap kilo, bahkan sampai hitungan ekor, terang Nari. (Dulhasan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini